-->

Kang Tono, "Kader Muda" Desa Pusakamulya


Kiarapedes - Tono Suyitno atau biasa disapa Kang Tono, kembali terpilih sebagai Ketua Karang Taruna Desa Pusakamulya. Setelah berhasil meraih 80% suara dalam pemilihan yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 5 Desember 2018 di aula kantor Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes. (12/12/18)

Kemenangan ini menjadi bukti konkrit akan keberhasilan Kang Tono dalam mengemban amanah pada masa jabatan sebelumnya. Mendapat dukungan dari warga Pusakamulya, khususnya para pemuda. Terutama dari keluarga besar Almarhum Bapak Guru Dulhamid, keluarga besar yang terkenal sangat kompak dan disegani di Desa Pusakamulya.

Bagi beberapa pihak, kemenangan Kang Tono tidaklah begitu mengejutkan. Sebagaimana prediksi seorang tokoh masyarakat, tentang peluang besar bagi Kang Tono untuk memenangkan kembali pemilihan Ketua Karang Taruna tahun 2018 ini. Bahkan besar kemungkinan bahwa Kang Tono akan mampu memenangkan pemilihan Kepala Desa Pusakamulya di tahun 2021 kelak.

Menjadi mafhum di desa mana pun, bahwa ketua karang taruna biasa disebut oleh warga Pusakamulya "Kades Muda", adalah kandidat calon kepala desa di masa selanjutnya. Tidak sedikit Kepala Desa yang sebelumnya pernah menduduki jabatan Ketua Karang Taruna Desa. Serupa walau tak sama, dalam lingkungan kerajaan dikenal istilah Putera Mahkota, calon raja, pemegang tahta kerajaan di masa yang akan datang. Bahkan secara otomatis menduduki tahta, jika terjadi sesuatu terhadap raja.

Di lingkungan desa pun, Karang Taruna terbiasa melaksanakan banyak kegiatan strategis yang melibatkan banyak orang dan membutuhkan dana yang tidak kecil. Pada intinya, Karang Taruna merupakan wadah sentral yang mendidik pemuda agar bermental tangguh, mandiri dan mampu berperan aktif di masyarakat.


Maka terlalu na'if jika seorang Kepala Desa tidak menaruh perhatian terhadap pemilihan Ketua Karang Taruna, setidaknya seorang Kepala Desa ikut andil dalam "menyaring" talenta-talenta muda terbaik yang ada di desanya. Suksesi pembangunan desa setelah kelengserannya, sedikit banyak bergantung pada siapa yang duduk di organisasi Karang Taruna.

Bapak Ahmad Hendri, selaku Kepala Desa Pusakamulya patut berbangga. Pasalnya, Tono Suyitno adalah junior-nya di Karang Taruna Desa Pusakamulya. Artinya Beliau telah berhasil dalam menjalankan pengkaderan, melahirkan pemuda penerus karang taruna sebaik Kang Tono.

Seperti ucapan yang mendunia dari Bung Karno Sang Proklamator, " Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan ku cabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia ".

Selamat kepada Kang Tono, semoga Pemuda Pusakamulya di bawah komandomu mampu mengguncang dunia!.

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)