Upaya Tanggap Banjir, Kodim 0619/Purwakarta Bersama Warga Bersihkan Saluran Air di Jatiluhur


Purwakarta
- Seiring dengan hujan yang mulai mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Purwakarta, Kodim 0619/Purwakarta aktif mengambil langkah preventif untuk mengatasi potensi banjir akibat tumpukan sampah.

Langkah ini diwujudkan melalui upaya membersihkan aliran sungai dan irigasi yang diambil oleh personel Koramil 1905/Jatiluhur.

Dalam aksi gotong royong, Koramil 1905/Jatiluhur berkolaborasi dengan warga dan pemerintah setempat untuk membersihkan saluran air dan gorong-gorong di Desa Cilegong, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. 

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, melalui Danramil 1905/Jatiluhur, Kapten Arm Deny Christian, menjelaskan bahwa pembersihan ini dilakukan sebagai langkah persiapan menghadapi musim hujan dan sebagai antisipasi terhadap potensi banjir akibat curah hujan tinggi.

"Proses pembersihan sampah di saluran air Desa Cilegong ini melibatkan kerja sama antara prajurit TNI, instansi terkait, dan masyarakat sekitar. Bersyukur, upaya bersama ini berhasil membersihkan tumpukan sampah yang menghambat aliran air," ujar Deni pada Senin, 11 Desember 2023.

Menyikapi situasi ini, Danramil mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

"Kita perlu bersama-sama ikut serta dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sungai ini. Sampah tidak boleh dibuang ke saluran air atau sungai. Mari kita biasakan tidak membuang sampah, kotoran, dan bahan lainnya ke lingkungan sekitar," tandasnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar