TNI dan Masyarakat Bersatu Tanam Pohon di Waduk Jatiluhur, Langkah Konkrit Jaga Lingkungan


Purwakarta
- Koramil 1905/Jatiluhur, Kodim 0619/Purwakarta menyelenggarakan kegiatan penanaman ratusan pohon di sepanjang tepi Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, melibatkan partisipasi masyarakat, Aparatur Desa, dan anggota Polsek Jatiluhur pada tanggal 7 Desember 2023.

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, melalui Danramil 1905/Jatiluhur, Kapten Arm Deni Kristian, menjelaskan bahwa penanaman 100 pohon berbagai jenis ini bertujuan sebagai langkah mitigasi bencana untuk mencegah erosi dan sekaligus sebagai bagian dari program penghijauan di wilayah sekitar Waduk Jatiluhur.

Deni menyatakan, "Penanaman pohon ini memberikan banyak manfaat, tidak hanya untuk menjaga kelestarian lingkungan, tetapi juga untuk mengendalikan erosi."

Dalam kegiatan penanaman tersebut, katanya, melibatkan partisipasi masyarakat bertujuan untuk mendidik agar tanaman ini dirawat dengan baik, dengan harapan dapat memberikan dampak ekonomi di masa depan.

Deni menambahkan bahwa melibatkan aparatur desa dan Polri merupakan bentuk sinergi antara TNI dengan pemerintah desa dan kepolisian, serta menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Ikutserta aparatur desa dan polri dalam kegiatan penanaman ini juga sebagai bentuk silaturahmi antara TNI dengan masyarakat dan pemerintahan desa serta polri. Bersama-sama dengan rakyat, kita memperkuat kemanunggalan, baik dengan aparat desa maupun polri, sebagai wujud sinergi," tegasnya.

Deni berharap bahwa penanaman pohon ini dapat mengurangi risiko bencana longsor dan sekaligus menjadi langkah antisipasi terhadap perubahan iklim global.

"Semoga apa yang dilakukan oleh TNI, masyarakat, aparatur desa, dan polri ini setidaknya dapat mengurangi risiko bencana, sekaligus memberikan kontribusi dalam mengatasi pemanasan global," pungkasnya.