Tingkatkan Profesionalisme Pekerja Sosial, IPSM Kabupaten Purwakarta Gelar Program Peningkatan Kompetensi


Purwakarta
- Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Purwakarta melakukan peningkatan kemampuan kompetensi para pekerja sosial masyarakat,
di aula Gedung Dakwah Kabupaten Purwakarta,  pada hari Rabu, 6 Desember 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah kader PSM dari 192 desa dan kelurahan di Kabupaten Purwakarta. 

Kegiatan ini terselengara atas dukungan dari Dinas Sosial P3A bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial Kabupaten Purwakarta.

Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat, 
Rahmat Gunawan, yang diwakili oleh Sekretaris Deni Yusuf, S.H, menekankan pentingnya kesiapan kader-kader dalam urusan kesejahteraan sosial di Kabupaten Purwakarta. 

"Para kader diharapkan dapat berkolaborasi dengan pendamping program lainnya dari Kementerian Sosial, terutama relawan sosial yang bersedia menjadi garda terdepan karena keberadaan mereka di desa dan kelurahan sebagai penduduk asli," ungkap Deni, Rabu, 6 Desember 2023.

Sementara itu dalam sambutan, Kepala Dinas Sosial yang diwakili oleh Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial, Dindin Ibrahim Mulyana, menyampaikan rencana untuk mendirikan pusat kesejahteraan sosial dan sistem layanan rujukan terpadu di setiap desa. 

"Tujuannya adalah untuk memudahkan akses bagi masyarakat miskin dan rentan miskin, serta mereka yang memerlukan pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS). 

Selain itu, lajut Dindin, akan dibentuk bank data untuk mengatasi masalah administratif terkait data kemiskinan. 

"Dalam hal ini, para pekerja sosial masyarakat akan disertifikasi melalui lembaga sertifikasi yang ditunjuk oleh Kementerian Sosial, yaitu Poltekesos Bandung," katannya. 

Dr. Didit, sebagai narasumber dari Poltekesos Bandung, menjelaskan bahwa proses sertifikasi ini adalah amanat Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009.

"Nantinya menjadikan mereka sebagai profesional dalam bidangnya," pungkasnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar