Sambut Pemilu 2024, Panwascam Pondoksalam Gelar Rakor Publikasi dan Dokumentasi


Purwakarta
- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta, menggelar rapat koordinasi publikasi dan dokumentasi pengawasan kampanye Pemilu tahun 2024 pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Acara ini berlangsung di aula Desa Tanjungsari, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta, dan dihadiri oleh perwakilan semua partai politik di Kecamatan Pondoksalam, Kepala Desa Tanjungsari, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, bamusdes, serta anggota TNI dan Polri.

Asep Sodikin, selaku Ketua Komisioner Panwaslu Kecamatan Pondoksalam, menyampaikan pesan kepada masyarakat dan partai politik untuk bersama-sama menjalankan pemilu dengan kondusif.

"Jangan sampai terjadi hal ekstrem di luar sana," singkatnya saat diwawancarai oleh Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Asep juga menekankan pentingnya menjaga kondusivitas demokrasi dan menjamin ketenangan, kedamaian, serta keteraturan selama seluruh tahapan regulasi Pemilu Tahun 2024.

"Dengan adanya pemilu ini, kami sebagai penyelenggara, khususnya di Bawaslu, mengajak seluruh masyarakat dan partai politik untuk bersama-sama menjaga kondusivitas demokrasi agar tenang, damai, dan tertib di seluruh tahapan regulasi pemilu tahun 2024," kata Asep.

"Kami berharap bahwa pemilu tahun ini dapat menjadi momentum untuk mempererat silaturahmi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga dapat berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif," tambah Asep.
 

Pernyataan tersebut diamini, Divisi Hukum dan Pengawasan, Sahrul Awaludin. Ia pun apresiasi kepada Panwascam Pondoksalam atas pelaksanaan kegiatan sosialisasi pemilu tahun 2024.

"Kami berharap para pemilih dapat berpikir rasional dan cerdas serta mematuhi semua aturan yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)," ucap Sahrul.

Sementara itu terkait pelanggran pemilu, Komisioner Panwascam divisi Penanganan Pelanggaran, Tresna Ramdani, menyampaikan bahwa pelanggaran yang biasa terjadi.

"Seperti halnya kampanye diluar jadwal, money politik, atau black campaign, perlu dihindari agar pemilu tahun 2024 berjalan lancar dan tidak ada pelanggaran yang signifikan," katany Trensa.

Ditempat yang sama, Sekretaris Panwascam, Fery Heryana, yang juga menjabat sebagai Sekcam Pondoksalam, menambahkan bahwa dari kegiatan sebelumnya di sekretariat, hari ini dilaksanakan pengawasan pemilihan pemilu terkait publikasi dan dokumentasi.

"Kami berharap agar edukasi dan pendidikan tentang pengawasan pemilu, terutama mengenai publikasi dan dokumentasi, dapat membuat ketua partai atau perwakilan lebih disiplin, terutama dalam penempatan Alat Peraga Kampanye (APK) dan pengumpulan massa selama kampanye, sehingga dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," pungkas Fery.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar
Reporter: Abun Bunyamin