Rakor Panwaslu Pondoksalam, Bahas Pengawasan Logistik Pemilu 2024


Purwakarta
- Hari kedua pelaksanaan rapat kerja teknis Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pondoksalam menyatukan perhatian pada pengawasan logistik pemilihan umum tahun 2024.

Acara ini diadakan di aula Desa Tanjungsari, kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta, dan berlangsung bersamaan dengan tahapan kampanye.

Rapat dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua PPK, PPS, dan PKD se-Kecamatan Pondoksalam, serta Kepala Desa Tanjungsari.

Asep Sodikin, selaku Ketua Komisioner Panwaslu Kecamatan Pondoksalam, menyampaikan komitmen untuk terus mengawasi tahapan logistik guna mencegah terjadinya pelanggaran.

"Kami pengawas pemilu Kecamatan Pondoksalam akan terus selalu mengawasi tahapan logistik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak terjadi pelanggaran," ungkap Ase saat dikonfirmasi oleh Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta Minggu, 3 Desember 2023

Seperti halnya dalam pelipatan surat suara, jelas Asep, nantinya akan dimasukkan kedalam berangkas kotak suara itu harus diperhatikan dan diawasi agar supaya teliti dan tidak mengurangi hitungan dan jumlah, seperti terdapat jumlah kertas suara dengan jumlah DPT yang ada di TPS itu tidak singkron

"Kami berharap dengan kegiatan ini kedepan supaya tidak terjadi pelanggaran maupun perbedaan selama tahapan logistik dalam penyampaianya kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) masing-masing," ucap Asep.

Rifan Dani Ramadhani, komisioner Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU), turut hadir sebagai narasumber. Ia menyampaikan informasi terkait logistik kepada para Pengawas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (PKD)

"Jadi kami bisa memberikan informasi mengenai logistik kepada kawa- kawan PKD yang nantinya harus bersinergi dengan para PPS , karena di tanggal 11 Desember 2023 ini mereka akan mengadakan perekrutan KPPS," jelas Rifan.

"Selain itu, KPPS juga harus tau logistik itu apa saja didalamnya, kemudian tugas PKD harus intens mengawasi peserta pemilu seperti pada tanggal 28 November 2023 kemarin sudah dimulai tahapan kampanye," tambahnya.

Sementara itu, Ujang Abidin selaku Anggota Bawaslu Divisi SDM organisasi dan Diklat turut memberikanarahan kepada peserta rapat. Ia mengatakan bahwa dengan adanya kesiapan penyelenggara pemilu harus betul-betu dilapangan baik PKD maupun Panwaslu ditingkat Kecamatan.

"Untuk persiapan pengawasan logistik proses pendataan daftar pemilih tetap dimasing-masing TPS itu harus juga dipastikan untuk pendataan dilogistik khususnya surat suara," katanya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar
Reporter: Abub Bunyamin