Kesiapan Polres Purwakarta Jamin Keamanan, Kapolsek Darangdan: Pemilu 2024 Harus Berjalan Aman dan Tertib


Purwakarta
- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Darangdan Kabupaten Purwakarta terus berkoordinasi dengan Musyawarah Pimpinan tingkat Kecamatan (Muspika) dalam mengawasi tahapan Kampanye Pemilu 2024 di wilayah mereka.

Ketua Panwaslu Darangdan, 
Joko Sulistianto, menyatakan bahwa koordinasi dengan Muspika pada tahapan Kampanye sangat penting, mengingat tahapan ini memiliki potensi konflik antara pendukung dan peserta Pemilu. 

"Tahapan Kampanye memiliki potensi konflik. Oleh karena itu, kami terus berkoordinasi dengan TNI, Polri, dan pemerintahan, terutama di tingkat kecamatan Darangdan, untuk memastikan bahwa tahapan Kampanye berjalan dalam suasana yang kondusif," ujar Joko Suliatianto pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Joko menambahkan bahwa pengawasan Pemilu bukan hanya tanggung jawab Panwaslu, melainkan juga kewajiban masyarakat secara umum. 

Dalam hal ini, lanjut dia, Panwaslu Darangdan selalu meminta dukungan dan arahan dari berbagai pihak, termasuk Muspika dan tokoh masyarakat setempat.

"Sukses Pemilu adalah tanggung jawab bersama, oleh karena itu kami terus berkoordinasi dengan semua unsur, terutama TNI/Polri. Alhamdulilah, hingga saat ini kami solid dalam pertukaran informasi dan upaya pencegahan serta pengawasan pada setiap tahapan Pemilu," ucapnya.

Dalam konteks yang sama, Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnaen, melalui Kapolsek Darangdan AKP Yoga Prayoga, menegaskan kesiapan kepolisian untuk mengawal dan menjaga keamanan selama setiap tahapan Pemilu. 

"Kami dari kepolisian selalu siap mengawal dan menjaga keamanan setiap tahapan Pemilu dari awal hingga akhir. Tujuannya adalah agar Pemilu 2024 berjalan aman, tertib, dan kondusif," tegas AKP Yoga.

AKP Yoga Prayoga juga menyoroti operasi keamanan khusus yang telah berlangsung selama sekitar satu bulan dengan nama Operasi Mantap Brata. 

"Operasi Mantap Brata sudah berjalan, Polres Purwakarta telah mendirikan Pos PAM di Bawaslu dan KPU serta melakukan pemantauan di setiap kantor partai politik. Di wilayah ini, Polres Purwakarta juga membentuk satgas pengamanan pemilu dengan sistem rayonisasi, di mana Polsek Darangdan berada dalam satu rayon dengan Polsek Bojong, Polsek Wanayasa, dan Polsek Kiarapedes," ungkapnya.

Dalam hal pengamanan tahapan Pemilu, terutama tahapan Kampanye, Kapolsek Darangan meminta penyelenggara Pemilu, baik PPK maupun Panwaslu, untuk terus berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI pada setiap tahapan. 

"Bila perlu, kita dapat melakukan evaluasi bersama dalam menjalani suksesi Pemilu ini. Kita terus memperbarui dan berbagi informasi pada setiap tahapan Pemilu, sehingga Pemilu 2024, khususnya di wilayah Kecamatan Darangdan, dapat berjalan dengan aman dan damai," tandasnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar