Kesiagaan Tinggi! Dandim 0619/Purwakarta Pimpin Apel Siaga Bencana Virtual Bersama Tim SAR dan Aparat TNI-Polri


Purwakarta
- Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, bersama ratusan aparat TNI-Polri dan Tim SAR gabungan dari pemerintah Kabupaten Purwakarta, turut serta dalam Apel Siaga Bencana di Wilayah Kodam III/Siliwangi secara virtual.

Apel siaga bencana, yang digelar di Taman Pesanggrahan Pajajaran, Pemkab Purwakarta, pada Jumat, 8 Desember 2023, dihadiri oleh Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, PJ Bupati Purwakarta, Benni Irwan, Sekda Purwakarta, Norman Nugraha, dan para Kepala OPD Pemkab Purwakarta.

Letkol Arm Andi Achmad Afandi menjelaskan bahwa Apel Siaga Bencana ini adalah perintah Panglima Kodam III/Siliwangi untuk bersama-sama melakukan apel kesiapsiagaan menyambut musim penghujan. 

Langkah pro-aktif ini bertujuan memastikan kesiapsiagaan pasukan dan peralatan dalam menghadapi potensi bencana alam di wilayah Kabupaten Purwakarta.

"Keterlibatan berbagai instansi terkait diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam penanggulangan bencana," ujar Letkol Andi.

Ia menekankan pentingnya kerja sama antarinstansi dalam menghadapi situasi darurat, mengingat tidak dapat diprediksi kapan bencana alam akan terjadi. Kesiapsiagaan dan koordinasi antarinstansi diperlukan untuk memberikan respons yang cepat dan efektif.
 

Apel siaga bencana melibatkan pengecekan kesiapan peralatan, penanggulangan evakuasi, dan pembahasan strategi koordinasi antarinstansi.

Sekda Purwakarta, Norman Nugraha, menyatakan bahwa apel siaga bencana ini merupakan bentuk persiapan personel dalam menghadapi bencana yang diperlukan. 

Ia menyoroti kejadian bencana pada tahun lalu dan mengajak semua elemen masyarakat untuk sadar bahwa bencana alam tidak dapat dihindari.

"Dalam upaya mitigasi bencana, kami meminta partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat dan pihak terkait untuk memberikan informasi kepada warga di daerah rawan bencana," kata Norman.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta, melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD Purwakarta, telah menyiagakan personel selama 1x24 jam, dilengkapi dengan peralatan Search and Rescue, sebagai respons tanggap bencana.

"Kita siagakan anggota dari BPBD dan Damkar, jika terjadi bencana kita langsung terjun," tambahnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar