Awasi Tahapan Kampanye, Panwaslu Darangdan Gandeng Muspika hingga Gelar Rakor Kampanye


Purwakarta
- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Darangdan Kabupaten Purwakarta terus melakukan koordinasi dengan Musyawarah Pimpinan tingkat Kecamatan (Muspika) dalam pengawasan tahapan Kampanye Pemilu 2024 di wilayah tersebut.

Ketua Panwaslu Darangdan, Joko Sulistianto, menyatakan bahwa koordinasi dengan Muspika pada tahapan Kampanye sangat penting, mengingat tahapan ini memiliki potensi konflik antar pendukung maupun peserta Pemilu.

"Kami menyadari bahwa tahapan Kampanye memiliki risiko konflik, oleh karena itu, kami terus berkoordinasi dengan TNI, Polri, dan pemerintah, khususnya di tingkat kecamatan Darangdan, untuk memastikan bahwa tahapan Kampanye berjalan dalam situasi yang kondusif," ujar Joko Suliatianto pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Joko menambahkan bahwa pengawasan Pemilu bukan hanya tanggung jawab Panwaslu, melainkan juga kewajiban masyarakat secara umum.

Sebagai Ketua Panwaslu Darangdan, lanjut Joko, selalu meminta dukungan dan arahan dari berbagai pihak, termasuk Muspika dan tokoh masyarakat di wilayah setempat.

"Sukses Pemilu adalah tanggung jawab bersama, oleh karena itu, kami terus berkoordinasi dengan semua unsur, terutama dengan jajaran TNI/Polri. Alhamdulillah, hingga saat ini, kami solid dalam berbagi informasi dan melakukan upaya pencegahan serta pengawasan dalam setiap tahapan Pemilu," ungkapnya.

Sementara itu, Memet Supriadi, Kordiv HP2HM Panwaslu Darangdan, menambahkan bahwa selain berkoordinasi dengan Muspika tingkat kecamatan Darangdan, Panwaslu Darangdan juga menggelar rapat koordinasi Pengawasan Kampanye bersama Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di seluruh Kecamatan Darangdan.

Dalam kegiatan Rapat Koordinasi tersebut, diketahui hadir langsung Ketua Bawaslu Purwakarta, Yusup Supriyanto SH, dan seluruh komisioner Panwaslu Kecamatan Darangdan.

"Demi memaksimalkan pemahaman aturan Pemilu, khususnya pada tahapan Kampanye, kami menggelar Rapat Koordinasi bersama PKD. Secara internal, kegiatan serupa dilakukan setiap minggu," pungkasnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar