Ketua FK KIM Purwakarta Minta Pengurus KIM Ambil Peran dalam Menjaga Kondusifitas Politik 2024

Ketua Forum Komunikasi Kepada Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM), Deden Alhudaeni (tengah) 

Purwakarta
- Dalam menghadapi tahun politik 2024 yang semakin mendekat, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Kabupaten Purwakarta diharapkan dapat memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi yang akurat untuk menjaga iklim kondusif di wilayahnya.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Forum Komunikasi Kepada Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM), Deden Alhudaeni dalam pertanyaannya di Purwakarta, Rabu 13 September 2023.

"Saat ini, beredar banyak informasi yang berpotensi menjadi hoaks, dan inilah saatnya bagi pengurus KIM untuk berkontribusi dalam memberikan informasi yang benar," ungkap Deden.

Deden juga menyampaikan apresiasi atas pertemuan yang baru-baru ini diadakan antara Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Purwakarta dan media massa yang juga melibatkan perwakilan dari KIM.

"Kami menganggap bahwa Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Media yang diadakan oleh Bawaslu bersama pengelola media massa adalah langkah yang positif dalam meningkatkan pemahaman mereka dan dalam menyediakan informasi yang berkualitas kepada masyarakat," jelas Deden.

Tentunya, lanjut Deden, pengurus FK-KIM terus memikirkan bagaimana cara berkomunikasi secara efektif kepada masyarakat di tahun politik, terutama menjelang Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah serentak yang berpotensi menghasilkan hoaks.

"Tujuan kami adalah memastikan masyarakat tidak terperangkap dalam informasi hoaks yang beredar," ujar perwakilan FK-KIM.

Hasil dari pertemuan tersebut, tambah Deden, juga mengukuhkan hubungan antara Bawaslu Purwakarta dan pengurus FK-KIM Kabupaten Purwakarta yang semakin harmonis.

"Dengan kehadiran pengurus baru Bawaslu Purwakarta, diharapkan akan terjalin sinergi yang lebih baik sengan KIM dalam penyebaran informasi dan komunikasi yang lebih efektif untuk masyarakat," ucap Deden.

Tidak hanya itu, FK-KIM Purwakarta bersama dengan KIM di tingkat kecamatan, kelurahan/desa, dan kelompok lainnya yang ada di Kabupaten Purwakarta akan terus menyebarkan informasi positif kepada masyarakat untuk meningkatkan kondusifitas dalam Pemilu yang akan datang di tahun 2024.

"Dengan kolaborasi yang kuat melibatkan KIM, kami yakin bahwa Pemilu 2024 akan menjadi lebih demokratis. Meskipun kita berada dalam era digital yang canggih, penting untuk diakui bahwa aspek manusia dan minat masyarakat terhadap seni pertunjukan rakyat masih memiliki daya tarik tersendiri dalam menyampaikan pesan yang dapat memengaruhi hati dan pikiran," pungkas Deden.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar