Jelang Ramadhan 2023, Karang Taruna Sauyunan Purwakarta Giat Gerak Sehat Menuju Lingkungan Bersih


Purwakarta
- Pemuda Karang Taruna Sauyunan 04 Desa Maracang, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat patut dicontoh oleh pengurus yang lainnya.

Pasalnya, mereka menggelar aksi bersih-bersih lingkungan disepanjang jalan lebih dari 500 meter, pada Minggu (19/3/23).

Kegiatan bersih-bersih lingkungan tersebut dilakukan di sepanjang jalan Gang Ali Hamdan, RW 04 Desa Maracang sampai ke tempat pemakaman umum (TPU) di ujung desa perbatasan.

Dalam giat Karang Taruna ini melibatkan RT setempat, tokoh masyarakat, warga sekitar, komunitas Jamblang Purwakarta, komunitas motor Mooraker dan LSM BPPKB Banten, dengan m
engusung tema "Gerak Sehat Menuju Lingkungan Bersih".

Ketua Karang Taruna Sauyunan 04 Desa Maracang, Dede Anggara mengatakan, kegiatan bersih-bersih lingkungan sekitar ini guna untuk menciptakan pola hidup sehat di lingkungan warga.

"Melihat kondisi masih musim penghujan, terlebih sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan, kami para pengurus Karang Taruna berinisiatif membersihkan selokan jalan dan rumput-rumput yang tinggi. Agar selokan aliran air menjadi lancar serta menjadikan lingkungan lebih sehat lagi," kata Dede.

Bukan hanya sepanjang jalan Ali Hamdan ini yang dibersihkan, lanjut Dede, para pengurus juga membersihkan tempat pemakaman umum (TPU) yang masih berada di wilayah ini.

"Kami membersihkan sepanjang jalan ini sampai ke TPU, agar masyarakat merasa nyaman dan lebih bersih lagi. Terlebih lagi biasanya memasuki Ramadhan banyak warga yang melakukan ziarah ke pemakaman," ungkap Dede.

Dede berharap dengan kerja bakti ini, semoga hadirnya pengurus Karang Taruna bisa bermanfaat untuk masyarakat dalam hal kegiatan sosial.

"Semoga apa yang kami perbuat bisa bermanfaat untuk masyarakat," kata Dede.
 
 
Sementara itu, Ketua Karang Taruna Sauyunan Desa Maracang, Rohman mengapreasiasi apa yang telah dilakukan oleh pengurus Karang Taruna lingkungan RW 04.

Menurutnya, apa telah dilakukan oleh Karang Taruna lingkungan RW 04 bisa dilakukan juga oleh lingkungan lain. Selain itu dengan kegiatan tersebut bisa meningkatkan kerharmoniasan para pengurus dengan warga sekitar.

"Alhamdulillah, dengan adanya kerja bakti ini bisa bermanfaat untuk masyarakat. Kami ucapkan banyak terma kasih kepada Karang Taruna lingkungan RW 04 atas kekompakan aktifitas, solid terus kita jungjung nama baik Karang Taruna," pungkas Rohman.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Abdar