Perdana, Kemeriahan Gebyar Prasiaga PAUD Se-Kecamatan Bungursari Sehat Cerdas Ceria

Gebyar PAUD tingkat Kecamatan Bungursari

Purwakarta
- Pimpinan Cabang (PC) P
endidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, di Provinsi Jabar menggelar gebyar PAUD tingkat Kecamatan, Kamis (13/10/2022).

Dengan motto "Sehat, Cerdas dan Ceria" kegiatan tersebut melibatkan anak-anak PAUD se-Kecamatan Bungursari.

Berdasarkan pantauan Media KIM Kabupaten Purwakarta, terlihat kemeriahan anak-anak (PAUD) sangat antusia, gembira dan menikmatinya.

Ketika ditemui, anggota tim perumus Prasiaga PAUD Provinsi Jawa barat, Victor Tatuah mengatakan bahwa, konsep pendidikan kepramukaan Prasiaga PAUD di Provinsi Jabar ini pertama kali di cetuskan pada tahun 2019. 

"Pada tahun itu, konsep Prasiaga mendapatkan respon yang cukup baik dari Kemendiknas oleh direktorat PAUD Dikmas hingga di respon untuk di tingkat Nasional," ujarnya pada saat sedang meninjau lokasi kegiatan gebyar PAUD di perbatasan Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta dengan Kecamatan Kotabaru, Karawang Kamis, (13/10/2022).

Masih menurut Victor, yang menaungi PAUD tersebut ada di bawah Organisasi Mitra HIMPAUDI IGTKI dan IGRA (ORMIT) ini sudah berstandar nasional. 

"Konsep ini sudah di uji kelayakannya oleh Pusdiklatda Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka se Indonesia," jelas dia.

Sementara itu, Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) di Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Mohammad Isro mengatakan, pendidikan anak usia dini itu sangatlah layak untuk diselenggarakan, sebab di PAUD ini terdapat pendidikan dan edukasi yang bermakna. 

"Di gebyar PAUD ini seluruh kegiatan sudah di plot oleh panitia pelaksana. Kami sebagai kepanjangan dari Dinas pendidikan sangat merespon kegiatan seperti ini," ucapnya.

Ditemui ditempat yang sama, Hj. Cucu Jubaidah Pokja Bunda PAUD Kecamatan Bungursari menyebutkan dirinya sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh para pendidik di PC PAUD se-Kecamatan Bungursari ini.

"Diharapkan, melalui pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kecamatan Bungursari dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan kreatif serta berbudi pekerti yang luhur. Melalui PAUD pula disampaikan beberapa program untuk menzerokan angka stunting di Indonesia, khususnya di Kecamatan Bungursari itu sendiri," tutur Hj. Cucu yang juga merupakan Kasi Kesos di Kecamatan Bungursari tersebut.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter:Yusup Bachtiar