Hidupkan UMKM, Desa Cibening Lounching Bumdes Kuliner


Purwakarta -
Upaya kembali menghidupkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Cibening, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Bumdes Cibening Lounching Wisata Kuliner.

Kades Cibening, Yandi Efendi menuturkan, tujuan diselenggarakannya Bumdes kuliner ini adalah sebagai wadah bagi pelaku umkm dan bersinergi guna meningkatkan kesejahteraan serta memberikan rasa aman, nyaman dan kemudahan dalam bertransaksi.

"Dengan dihadirkannya Bumdes kuliner ini, Pemerintahan Desa Cibening bersama Bumdes terus berupaya untuk memajukan perekonomian desa," ungkap Kades Cibening, Minggu (19/6/2022).

Sementara itu, Direktur Bumdes Cibening, Acep Awaludin mengatakan, bahwa pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi semua pihak, dampaknya pandemi begitu berat dirasakan bagi seluruh sektor perekonomian, tanpa terkecuali UMKM dan ekonomi kreatif.

"Alhamdulillah, sekarang sudah launching kuliner atau jajanan masyarakat yang bertempat di halaman desa Cibening," kata Kang Avech panggilan sapaanya D
irektur Bumdes Cibening itu, Minggu (19/6/2022).

Kang Avech menjelaskan, selain menyediakan berbagai jenis makanan, kegiatan tersebut juga ada penampilan atraksi kesenian budaya tradisional khas Desa Cibening.

Ia juga menambahkan, kuliner ini dibuka mulai hari Sabtu dan Minggu dari pukul 16.30-22.00 WIB.
 

"Oleh karena itu saya berharap dengan kegiatan Bumdes kuliner ini dapat membangkitkan kembali UMKM dan ekonomi kreatif di Desa Cibening. Selian itu 
dengan adanya Bumdes kuliner ini, saya berharap dapat menarik minat masyarakat baik dari Desa Cibening maupun luar desa untuk datang berkunjung," harapnya.

Sementara itu, Bahir, salah satu pengunjung dari warga setempat menuturkan, dengan diselenggarakannya Bumdes ini dirinya sangat puas.

"Kita sekeluarga membeli jajanan kuliner yang ada di Desa Cibening ini cukup memuaskan, ditambah lagi ada kesenian musiknya," ungkapnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Kontributor: Ade Suhada (KIM Kecamatan Bungursari)
Editor: Abdar

Ikuti berita-berita KIM ter-update lainnya di Google News