Terima Keluhan Warga, Dedi Mulyadi Datangi Galian Tanah Merah di Desa Cijati


Purwakarta
- Anggota DPRRI Dedi Mulyadi yang juga wakil ketua komisi 4 DPRRI kunjungi tempat galian tanah merah yang ada di wilayah Desa Cijati Kecamatan Maniis, Kamis (2/12/2021).

Diketahui, galian tanah merah tersebut untuk keperluan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang berada di kawasan danau Cirata

Diberitakan sebelumnya, warga mengeluhkan dengan aktifitas proyek PLTS Terapung Cirata yang mengakibatkan tanah yang dikeruk tersebut berceceran di jalan dengan kondisi hujan, sehingga menjadi licin. Selain itu, galian tanah tersebut berdampak kepada kerusakan lingkungan.

Kehadiran sang legislator yang doyan blusukan ini digalian tanah merah, sontak saja membuat hebohkan warga Maniis yang ingin melihat Dedi Mulyadi.

Menurut Dedi Mulyadi, kedatangannya anggota DPR RI ini, karena mendapat keluhan dari warga dengan lokasi pengerukan tanah merah ini yang berada di Desa Cijati dan Desa Tegaldatar.

"Warga mengeluh, banyak yang jatuh dari motor akibat buangan tanah merah yang berserakan di jalan dan juga laporan jalan rusak akibat dari proyek tersebut," ungkap Kang Dedi Mulyadi sapaan akrabnya.

Kang Dedi Mulyadi menuturkan, semua lokasi galian tanah merah tak berizin ini di hentikan, karena perizinan tanah merah ini bukan dikeluarkan oleh desa, tapi oleh Kementrian yang kebetulan menjadi mitra kerja Komisi IV.

"Jadi lokasi galian tanah merah yg ada di desa tegaldatar ini akan di tutup karena akan merusak lingkungan dan infrastruktur jalan. Karena lokasinya jauh, nanti akan kita carikan solusi karena di Cirata ini banyak lokasi tanah milik Perhutani yang dekat dengan lokasi plts," ungkap Kang Dedi Mulyadi.

Sementara itu, Kang Dedi Mulyadi meminta ke Camat Maniis, Encang Setiadi agar PT Shinohidro ataupun PT PJBPMSE agar bertanggung jawab akan jalan dan infrastruktur akibat dari galian ilegal ini.

"Kamu tidak berani ya, karena ada anggota dewan DPRD Kabupaten yaang punya galian lokasi tanah merah," ucap Kang Dedi Mulyadi sambil nada bercanda, kepada Camat Maniis, Encang Setiadi saat didamping Kepala Desa Cijati.

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Repoter: Deni Yusuf (KIM Maniis Harmonis)