-->
  • Jelajahi

    Copyright © KIM Purwakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Purwakarta Tahun 2021 Siap Kejar Predikat Swasti Saba Padapa Pada Program Kabupaten/Kota Sehat

    Admin
    Kamis, Juni 17, 2021, 16.28 WIB Last Updated 2021-06-17T23:24:49Z

    Purwakarta
    - Saat ini Kabupaten Purwakarta di Provinsi Jawa Barat, siap untuk meraih predikat sebagai salah satu Kabupaten/Kota Sehat (KKS).

    Kabupaten/Kota Sehat merupakan salah satu program dari Pemerintah Pusat, yang di dalamnya terdapat beberapa predikat diantaranya adalah Swasti Saba Padapa, Swasti Saba Wiwerda dan Swasembada Wistara (predikat yang diberikan kepada Kabupaten/Kota Sehat).

    Ketiga predikat ini sampai pada saat ini di Kabupaten/Kota di Jawa Barat ini belum pernah mendapatkan predikat ini sampai dengan tahun 2021, yakni Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Majalengka.

    "Di tahun 2021 ini, ada ketentuan untuk penilaian Kabupaten/Kota Sehat (KKS), syaratnya adalah 60 persen Desa Open Defecation Free (ODP) yang masyarakatnya sendiri tidak ada yang membuang hajat di sembarang tempat atau kata lainnya adalah Dolbon (dalam bahasa Indonesia artinya (buang air besar di kebun). Lalu di kalkulasikan dengan banyaknya jumlah Desa yang ada di Kabupaten Purwakarta," ujar Kabid Pemerintahan dan pembangunan manusia (PPM) BAPPELITBANGDA Kabupaten Purwakarta Dayli Setiaji,. S.STP, M.Si, ketika ditemui oleh Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta, Kamis (17/6/2021) di kantornya. 

    Saat ini lanjut dia, Kabupaten Purwakarta sudah siap dan memenuhi prasyarat untuk itu. Selain prasyarat itu adalah kita harus menyiapkan 9 tatanan Kota Sehat tersebut, untuk memperoleh predikat Swasti Saba Padapa sendiri adalah dua tatanan sebagai persyaratan yang harus disiapkan diantaranya:

    1. Tatananan kawasan permukiman sarana dan prasarana umum.
    2. Tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri

    "Secara keseluruhan kedua itu harus terpenuhi maka dari itu Kabupaten Purwakarta akan mengajukan ke pihak provinsi dan pemerintah pusat melalui Pemprov Jabar, selanjutnya tinggal menunggu verivikasi dan penilaian dari Pemerintah Pusat dan Pemprov. Rencananya penilaian itu antara bulan Juli hingga September 2021 ini," paparnya.

    Yang berperan dalam program Kabupaten/Kota Sehat itu adalah tim Pembina Kabupaten kota sehat, koordinator dan forum Kabupaten/Kota sehat dan untuk Kecamatan adalah forum Kecamatan siaga sehat sementara itu untuk tingkat desa ada Pokja siaga sehat.

    Hingga saat ini sambil menunggu kita tetap berkoordinasi dengan berbagai pihak dan melaksanakan monitoring dan evaluasi baik itu di tingkat kabupaten maupun ke tingkat kecamatan dan desa. 

    Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta: Yusup Bachtiar


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini