-->

Asyik! Desa Malangnengah Bakal Punya Jalan Baru yang Dibangun oleh KCIC

Purwakarta - Desa Malangnengah Kecamatan Sukatani, Purwakarta, sebentar lagi akan mempunyai jalan bypass atau jalan baru hasil rislah dari KCIC. Meski pembangunan tersebut agak tersendat, namun perwujudan jalan tersebut punya cerita tersendiri. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pembangunan jalan tersebut hasil dari skep Kepala Desa yang dijabat oleh Abdul Rohman (alm), ketika itu musyawarah dengan pihak Bamusdes dan instansi terkait. 

Ketua Bamusdes Malangnengah, Asep Somantri memaparkan, saat itu prosesnya lumayan alot dengan melalui gonjang-ganjingnya pembebasan tanah ataupun rislah. 

"Fasilitas umum seperti sekolah dasar dan makam Waru Doyong ikut menjadi sasaran pembangunan berskala nasional yakni pembangunan kereta api cepat antara Bandung-Jakarta," beber Asep Somantri.

Pada akhirnya, lanjut Asep, pembangunan sekolah baru dan pergeseran makam-makam warga ditata sedemikian rupa. Maka wujudlah bangunan SD berskala Nasional dengan proses pembangunan oleh pihak KCIC.

"Seiringnya waktu, akhirnya untuk sarana jalan warga pun dibangun dengan panjang kurang lebih 300 meter dengan perincian bahu jalan kanan-kiri 2 meter dan pembangunan jalan utama lebar 3 métér sehingga lebar keseluruhan 5 meter dengan kondisi bentuk jalan membentuk hurup 'U'," kata Asep kepada KIM Sukatani via WhatsApp, Sabtu, (16/1/2021).

Erwin, salah satu warga notabene pengguna jalan Desa Malangnengah menuturkan, dengan adanya jalan baru hasil dari pembangunan KCIC tentu merasa senang sekali. 

"Sebelumnya jalannya kondisinya rusak berat," singkatnya.

Erwin menjelaskan dengan adanya pembanguan skala Nasional dampaknya akan terasa dan warga diuntungkan pun mempunyai jalan baypass atau jalan baru yang membentuk huruf 'U'.

"Semoga dampaknya baik dan bisa terasa memberikan kenyamanan jalannya," ucap Erwin.

Kontributor: Anto (KIM Kecamatan Sukatani)

Tags :

KIMer's by: Admin Media Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Purwakarta

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)