-->

Pemdes Karangmukti: Bangun Kesadaran Masyarakat Atasi Sampah Dengan Solusi

Pemdes Karangmukti Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, saat sedang melaksanakan MUSRENBANGDes, untuk menentukan solusi mengatasi sampah.
Bungursari - Permasalahan sampah merupakan permasalahan yang sangat krusial, karena sampah yang di hasilkan oleh warga masyarakat di buang disembarang tempat atau dibakar, hal ini bukanlah merupakan salah satu solusi yang tepat.
Dampak akibat dari pembuangan sampah pada sembarang tempat dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan, seperti halnya dapat menimbulkan banjir dan menimbulkan penyakit.

"Jadi Pemdes Karangmukti di Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, harus membuat terobosan baru, yakni mendirikan bank sampah, kemudian menyediakan alat untuk perecah sampah, termasuk pengadaan angkutannya, dan ini harus di kelola oleh BUMDesa Sajati," ujar H Aan,. S. Pd, PJ Kades Karangmukti, Kecamatan Bungursari, saat di temui oleh KIM Kabupaten Purwakarta, Selasa (14/1/2020), usai kegiatan Musyawarah rencana pembangunan tingkat desa (MUSRENBANGDes) di desanya.

Lebih lanjut, sambung PJ Kades Karangmukti tersebut, sebelum membuang sampah ke tempat penampungan sementara (TPS), terlebih dahulu sampah tersebut dipilah-pilih. "Sampahnya ya harus terlebih dahulu di pisahkan, mana sampah basah dan mana sampah yang kering," tutur dia.

Apabila tidak ada solusi seperti ini, warga tentunya akan terbiasa dengan seenaknya membuang sampah ke sembarang tempat termasuk dengan cara di bakar, sebutnya.
 


Masih menurut PJ Kades Karangmukti, yang harus di perhatikan lagi dalam hal ini adalah membangun kesadaran masyarakat, membangun kebersamaan, membangun solidaritas dan mempersiapkan diri dan akan pentingnya kesehatan, pungkasnya. 


(Yusup Bachtiar)
KIM Kabupaten Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)