-->

Pembinaan Ketahanan Keluarga, Dan Penyerahan Piagam Penghargaan Desa Ramah Anak

Penyerahan Sertifikat piagam penghargaan Desa Ramah Anak kepada desa Babakancikao
Babakancikao - Sebagai unit terkecil, miniatur kelompok masyarakat dari sebuah negara, keluarga menjadi bagian penting dalam menjaga ketahanan keluarga, karena semua hal bermula, berawal, dan terbangun disini.

Keluarga mempunyai fungsi penting dalam membangun manusia dan membangun anak Indonesia yang berkwalitas dan berkarakter untuk menjadi generasi emas penerus keluarga dan bangsanya, keluarga harus berketahanan keluarga yang akan memperkuat bahkan akan menjadi Ketahanan Nasional.

Untuk membentuk ketahanan keluarga itu, keluarga harus menjalankan delapan fungsinya yaitu fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi melindungi, fungsi reproduksi, fungsi pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan.

Dalam upaya untuk mencapai hal tersebut, Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta melaksanakan kegiatan pembinaan ketahanan keluarga tahun 2019 di Desa Babakancikao, Kecamatan Babakancikao dengan tema; "Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Menyiapkan Generasi Berkualitas", yang digelar di aula desa. 


Acara ini dihadiri Sekcam beserta staf Kecamatan Babakancikao, Pendamping Lokal Desa, penjabat Kepala Desa dan perangkat Desa Babakancikao, BPD dan LPM, RT/RW, PKK, juga Pengurus Motekar, dan TPID Kecamatan Babakancikao, Rabu (23/10/19)

Dr.Hj.Siti Nur Aisyah Jamil,Mpd selaku Kabid Perlindungan Anak, mewakili Dinas Sosial kabupaten Purwakarta mengatakan,

"Untuk meningkatkan kesejahteraan tarap hidup dan ketahanan keluarga itu harus ada keserasian antara ibu dan anak, dalam ketahanan kesehatan keluarga, serta perkembang pertumbuhan anak yang berkualitas dan berkarakter sebagai generasi penerus keluarga dan bangsa yang tangguh," ujar Nur Aisah,

Di sesi acara dilanjutkan dengan memberikan Sertifikat Piagam Penghargaan oleh 
Nur Aisah kepada Desa Babakancikao sebagai "Desa Ramah Anak", yang diterima oleh Cece Husni Romli,S.Pd selaku Penjabat Kepala Desa Babakancikao yang juga menjabat Kasi Kesos di Kecamatan Babakancikao.

Diketahui, Desa Babakancikao ini merupakan perwakilan kecamatan, yang juga sebagai salah satu dari tiga kecamatan di Kabupaten Purwakarta, dengan kelompok Motekar nya yang dibiayai oleh Pemprov Jawa Barat, dan kecamatan lainya itu yakni Pasawahan dan Plered.


Cece Husni Romli,S.Pd, Penjabat Kepala Desa Babakancikao menyampaikan, sebagai perpanjangan tangan dari provinsi dan perlindungan anak, diharapkan para pengurus Motekar ini untuk bisa lebih berhasil dan bermanfaat didesanya, dengan menjadi motifator motor penggerak masyarakat untuk mendorong keberhasilan.

"Motifasi- motifasinya itu agar terus ada peningkatan dari hari ke hari, bulan ke bulannya dan sebagai validasi, mohon ke kecamatan juga ada laporanya jadi tidak sebatas online saja," harap Cece Husni
 
Peserta Pembinaan Ketahanan Keluarga di Desa Babakancikao
Dikegiatan ini pun hadir pula narsum yang memberikan pembekalan pemahaman kepada para peserta yang hadir. Tomi Herutomo,SKM.MKes, yang menyampaikan tentang Ketahanan dan kesehatan keluarga dalam perkembangan pertumbuhan anak dan empat pilar keluarga.


Sedangkan Nadya Yulianti, dengan pembahasanya tentang Perlakuan yang harus dijaga serta upaya kekerasan pada anak didalam keluarga dan menjelaskan delapan fungsi keluarga berdasar UU No.52 tahun 2009.


Sementara itu yang mewakili kecamatan Babakancikao H.M.Cucu Diana,SH selaku Sekcam pun sangat mengapresiasi sekali dengan diadakannya kegiatan ini dan ucapkan selamat kepada Desa Babakancikao sebagai Desa Ramah Anak.

(Yuni / Ali)
Kim Kec.Babakancikao

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)