Bulan Oktober 2019 Tahun Ke-5 POMPF Dan Periode Terakhir BELKAGA

Ibu Camat Babakancikao (Ketua TP PKK Kecamatan) sedang meminum obat pencegahan filariasis
Babakancikao - Bulan Oktober ini merupakan bulan saat setiap warga penduduk di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang tinggal di daerah endemis secara serentak massal, itu wajib mendapatkan POMPF yang terdiri pemberian kombinasi tablet Diethylcarbamazine (DEC) 100mg dan tablet Albendazole 400mg.

Yang mana di oktober 2019 tahun ini adalah merupakan tahun ke-5 Pemberian Obat Massal Pencegahan Filariasis atau POMPF dan juga sekaligus merupakan periode terakhir Bulan Eliminasi Kaki Gajah atau BELKAGA.

Seperti halnya pada hari ini di Posyandu Nusa Indah V, Kampung KB Bakansari NgaHiji RT.002/RW.05 Desa Ciwareng Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta-Jawa Barat, yang juga sama gelar kegiatan Pemberian Obat Massal Pencegahan Filariasis oleh Bidan Desa Ciwareng petugas dari Puskesmas Mulyamekar yang dibantu oleh 5 Kartini Bakansari para Kader Posyandu RW.05 dan di hadiri juga oleh bu camat Babakancikao selaku Ketua TP PKK Kecamatan, Sabtu,(12-10-2019).
 
Para kader Posyandu Nusa Indah V, Desa Ciwareng
Euis Siti Nurochmat istri camat H.Dede Sanusi,SH selaku Ketua TP PKK Kecamatan Babakancikao yang menghadiri kegiatan POMPF ini mengatakan:

"Kegiatan POMPF ini adalah Program Nasional, yaitu langkah akselerasi pemerintah sebagai upaya untuk mewujudkan di tahun 2020 Indonesia Bebas dari Penyakit Kaki Gajah atau Filariasis. Dan dengan cara bertutut-turut disetiap bulan oktober dari tahun 2015 s/d 2020, diharapkan mampu memutuskan rantai penularan virus penyakit cacing Filaria secara sepenuhnya di Indonesia tercinta ini. Yang jelas Filariasis itu Tak Seindah Namanya". ucap beliau

Wina Rahayu.Amd.keb sebagai Bidan Desa Ciwareng petugas Puskesmas Mulyamekar kepada Kim Kec.Babakancikao menjelaskan;

"Di bulan oktober ini semua orang yang berusia antara 2-70 tahun baik laki-laki maupun wanita, mereka itu wajib diberikan dan meminum obat ini. Dengan meminum obat ini mempunyai manfaat ganda, yaitu selain dapat mematikan atau memandulkan cacing Filaria dewasa, juga dapat mematikan cacing-cacing lainya di perut seperti cacing gelang, cacing tambang, cacing cambuk, dan cacing kremi.


Dengan begitu orang yang meminum obat ini dapat dua manfaat sekaligus juga yakni melindungi dirinya dari risiko terkena penyakit kaki gajah dan juga penyakit kecacingan lainya". jelas bidan Wina.

Masih ditempat yang sama, Lisda Adistiani Amd.Kg yang juga masih Bidan Desa Ciwareng juga menambahkan. Adapun dosisnya obat yang diberikan itu yakni, untuk usia 2-5 tahun adalah 1 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole, usia 6-14 tahun mendapat 2 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole, dan bagi usia diatas 14 tahun mendapatkan 3 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole.


"Ada beberapa golongan yang diperbolehkan untuk tidak meminum obat ini diantaranya seperti anak-anak usia dibawah 2 tahun, ibu hamil, penderita gagal ginjal atau cuci darah, penderita epilepsi atau anak berusia 6 tahun dengan riwayat sering kejang-kejang dan anak gizi buruk, penderita kanker, penderita sakit berat yang harus berbaring ditempat tidur, yang mengalami demam tinggi, penderita batuk darah, atau juga penderita asma kronis, serta yang sedang mengalami serangan akut" lanjut bidan Lisda.

Susi Susilawati istri ketua RW.05 (Raisman) selaku Ketua Kader Posyandu Nusa Indah V Desa Ciwareng mengucapkan;

"Sungguh ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami dan warga masyarakat RW.05 Desa Ciwareng karena dalam kesempatan ini, telah Dihadiri langsung oleh bu Camat, dan saya mewakili seluruh warga masyarakat Kampung KB Bakansari NgaHiji RW.05 Desa Ciwareng menghaturkan banyak terimakasih atas kehadiran dan perhatian khususnya kepada warga kami". ucap Susilawati.
 
Santunan kepada para jompo Kp.Bakansari RW.05 Desa Ciwareng
Selain meninjau kegiatan Pemberian Obat Massal Pencegah Filariasis di posyandu Nusa Indah V Kampung KB Bakansari NgaHiji RW.05 Desa Ciwareng, pada sesi akhir bu Camat Euis Siti Nurochmat pun blusukan mengunjungi para para jompo yang ada di Kp.Bakansari RW.05 tersebut serta memberikan santunan kepada mereka.

SDM Unggul Indonesia Maju


(Ali / Abdar)
Kim Kec.Babakancikao
Kim Kab.Purwakarta