-->

Ambu Anne Tinjau Kegiatan Panen Pedet Di Pasar Ingon-Ingon Ciwareng

Ambu Anne Tinjau Panen Pedet di pasar Ingon-ingon Ciwareng
Babakancikao - Kegiatan rutinitas di Pasar Ingon-Ingon Ciwareng yang digelar setiap hari senin kali ini terlihat ada sesuatu yang berbeda, dari sepanjang jalan menuju lokasi terlihat para Satpol PP berjajar. 

Para pegawai Desa dan Kecamatan Babakancikao pun nampak pada hadir di lokasi yang sudah terpasang tenda dan panggung kehormatan yang tak lain yakni untuk menyambut kehadiran orang nomor satu di kabupaten Purwakarta yaitu Ambu Anne Ratna Mustika,SE yang akan hadir meninjau Kegiatan Panen Pedet hasil Inseminator Buatan (IB) Kabupaten Purwakarta yang diadakan di pasar ingon-ingon Desa Ciwareng Kecamatan Babakancikao Purwakarta, Senin,(14/10/2019)

Ambu Anne Bupati Purwakarta ketika tiba meninjau lokasi kegiatan tersebut sangat mengapresiasi hasil dari para Pasukan Merah (Tim Inseminator) ini.

"Luar biasa hasil semua ini berkat kerjasama dan kerja keras teman-teman kita Tim Inseminator, yang telah bekerja keras tanpa mengenal waktu siang malam dalam melakukan Inseminasi Buatan (IB) terhadap sapi-sapi.


Karena dalam melakukan IB itu kalau waktunya harus malam ya harus malam. Jadi jam kerja mereka itu sudah tidak terhitung lagi kapan waktunya. Karena ketika si sapinya itu kemudian sudah menunjukan tanda-tanda birahi mau kawin kita tunggu beberapa jam, ya kalau waktunya itu tepatnya jam 10 malam, berarti IB nya itu harus dilakukan jam 10 malam juga". jelas Ambu

"Tujuanya diadakan Insiminasi Buatan (IB) ini yaitu hasil pengembangan kabupaten Purwakarta, harus ada peningkatan secara signifikan terhadap kwalitas dan tentu kwantitas sapi-sapi yang ada di kabupaten Purwakarta, kita mencoba membantu mendorong percepatan perkembangbiakan sapi-sapi terutama yang dikelola oleh masyarakat. 
Karena kalau tidak ada pertumbuhan, dan perkembangbiakan sapi sangat lambat, maka keuntungan untuk pengelola peternakan itu akan sangat minim. Tapi dengan IB, kita sudah liat itu tadi secara kwalitas dan kwantitas pedet nya itu jauh lebih baik daripada yang kawin alami, dan kemudian lebih cepat pertumbuhan perkembangbiakan nya." lanjut ambu



Dan menurut ambu Anne juga sejauh ini Inseminasi Buatan (IB) dinilai sangat berhasil dalam meningkatkan kwalitas dan kwantitas sapi-sapi dan menjadikan lebih cepat dalam pertumbuhan perkembangbiakanya. Dan sampai sekarang ini dari 4000 an lebih sapi, baru 3.300 ekor sapi yang sudah dilakukan Inseminasi Buatan, jadi tinggal sekitar 700 an ekor lagi sapi yang belum di IB. Dan secara geografis daerah-daerah kecamatan yang potensial itu selain Tegalwaru, Campaka, dan Cibatu adalah Sukasari dan juga Mani'is.

H.M.Cucu Diana,SH selaku Sekcam Babakancikao mewakili Camat H.Dede Sanusi,SH yang juga hadir dilokasi kepada Kim Kec.Babakancikao mengatakan:

"Saya mewakili pak camat karena ada kegiatan lain, dan kebetulan kegiatan ini ada di wilayah kami kecamatan Babakancikao Desa Ciwareng, harapan kami mudah-mudahan untuk kedepanya bisa menjadi motifasi masyarakat Babakancikao khususnya para peternak sapi yang ada di kecamatan Babakancikao pun bisa meniru nya." harap Sekcam.





(Ali)
Kim Kec.Babakancikao

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)