FKTP Gelar Lomba Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi 2019

Dinas Kesehatan Pemprov Jabar menggelar kompetisi Puskesmas Berprestasi
Purwakarta - Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Pemprov Jabar menggelar kompetisi Puskesmas Berprestasi yang salah satunya di laksanakan di Kabupaten Purwakarta. 3 predikat terbaik akan akan dibawa untuk mengikuti peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Gedung Sate Bandung.

Penilaian ini melalui Managmen Administrasi dan kualitas pelayanan yang mengimplementasikan 2 sayap kebijakan pemerintah Provinsi seperti Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) & Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM).

Kompetisi ini akan merangsang kualitas pelayanan kesehatan agar membentuk standar kerja, prosedur kerja, menerbitkan kebijakan kepala puskesmas, serta menciptakan inovasi untuk memecahkan masalah kesehatan di wilayah kerja masing - masing puskesmas.

Panitia tim penilaian FKTP Provinsi, Ucu Saefurohmat Skep. MKM Mengatakan tujuan Kompetisi ini untuk terus mningkatkan pelayanan kesehatan.

"Tujuan Perlombaan ini untuk meningkatkan mutu pelayanan & jaminan kesehatan masyarakat dari pemerintah melalui puskesmas," Terang Ucu saat memberi sambutan pembukaan lomba di aula Puskesmas Koncara Kab Purwakarta. Senin,(9/9/19).

Sebanyak 17 Puskesmas yang ada di Kab. Purwakarta ada 2 tempat yang mewakili Kompetisi FKTP, yaitu Puskesmas Kiarapedes untuk katagori pedesaan yang mempunyai Klinik binaan dan Puskesmas Koncara yang berada di wilayah perkotaan Purwakarta, Puskesmas tersebut akan bersaing dengan 27 kabupaten di Provinsi Jawabarat.

Untuk di Puskesmas Koncara yang beralamat di Jl. Ibrahim Singadilaga Kel. Nagrikaler Kec. Purwakarta Tim FKTP menilai dari program Posyandu Terintegrasi (Poster) dan prodak inovatif yang ada di puskesmas itu.

Di tempat yang sama Kepala Puskesmas Koncara, Hj. Neni Ruhyawati Amd. Membeberkan hasil kinerja Puskesmas Koncara yang menjadi alasan terpilihnya Puskesmas itu untuk mengikuti perlombaan Puskesmas Berprestasi tingkat Provinsi 2019.

"Puskesmas koncara berhasil meraih nilai terbaik PKP tahun 2018 & akreditas puskesmas Kab. Purwakarta terbaik pada peringatan HKN 2018,"Ulas Hj. Neni saat mempresentasikan kinerja tahun lalu.

Dia Juga menerangkan indek prestasi Penilaian Kinerja Pusksmas (PKP) Puskesmas Koncara tahun 2018.

"Adapun hasil Penilaian Kerja Puskesmas Koncara di tahun 2018, untuk cakupan penilaian kegiatan 83,19-Cukup, hasil kinerja kegiatan managmen 93,80-Baik, dan hasil akhir 88,48-Sedang,"Ujarnya.

Ditahun 2019 Puskesmas Koncara lebih antusias sebagai juara seperti tahun lalu pasalnya selain konsisten menjalankan dan mengembangkan program yang sudah ada, Puskesmas Koncara telah membangun program Posyandu Terintegrasi berikut dengan berbagai inovasi di dalamnya. 



(Wief)
KIM Kota Purwakarta