Bhabinkamtibmas Polsek Plered Jalinan Silaturahmi dan Imbauan Keamanan ke Warga


Purwakarta
- Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, Kepolisian Sektor (Polsek) Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat terus menggalang kerjasama dengan berbagai unsur masyarakat setempat.

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Plered aktif melakukan kunjungan dan interaksi dengan warga di desa binaannya secara rutin.

Bhabinkamtibmas Polsek Plered memberikan imbauan kepada warga agar selalu memperhatikan keamanan dan ketertiban lingkungan mereka.

Menurut Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, Bhabinkamtibmas memiliki peran sentral dalam mendeteksi serta menangani berbagai masalah sosial di tengah masyarakat.

Polisi, kata Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho, memiliki tanggung jawab sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, di mana Bhabinkamtibmas menjadi ujung tombak dalam menjalankan fungsi tersebut di tingkat lokal.

Ali menjelaskan bahwa Bhabinkamtibmas juga memberikan bantuan kepolisian, terutama di daerah-daerah pedesaan yang tidak memiliki kantor polisi.

"Kehadiran Bhabinkamtibmas yang efektif dapat mencegah dan mengurangi berbagai permasalahan di masyarakat," tambahnya.

Bhabinkamtibmas diarahkan untuk aktif dalam upaya preemtif dan preventif, serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat setempat.

Dalam kunjungan mereka ke desa-desa, Bhabinkamtibmas memberikan pesan-pesan tentang pentingnya keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya menjelang Pemilu 2024.

Ali menekankan bahwa keamanan bukanlah hanya tanggung jawab polisi atau militer, melainkan tugas bersama seluruh warga, yang dapat dimulai dari tindakan sederhana seperti ronda malam di lingkungan mereka sendiri.

"Setiap individu memiliki peran dalam menjaga keamanan, baik di lingkungan keluarga maupun di sekitar tempat tinggal mereka," kata AKP Ali Murtadho.