Solidaritas FPKT Pasawahan, Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Terdampak Longsor di Tegalwaru


Purwakarta
- Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kecamatan Pasawahan menyelenggarakan kunjungan kemanusiaan di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta. 

Tujuan utama mereka adalah memberikan bantuan kepada korban bencana longsor di dua Desa, yaitu Desa Sukamulya dan Desa Cisarua.

Sebelum berangkat, para pengurus FKT bersama Karang Taruna dari 12 Desa berkumpul di kecamatan untuk melaksanakan doa bersama demi keselamatan perjalanan. 

Kepekaan FPKT terhadap musibah longsor di Kecamatan Tegalwaru mendapat sambutan positif dari Ketua Karang Taruna setempat dan rekan-rekan relawan Tagana.

Duduy, selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Tegalwaru, mengucapkan terima kasih kepada FPKT Kecamatan Pasawahan atas bantuan yang disalurkan. 

"Bantuan sembako yang telah kami terima diharapkan dapat meringankan beban warga yang terdampak longsor," ujarnya saat diwawancarai oleh reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta pada Minggu, 14 Januari 2024.

Duduy melanjutkan, dengan menyampaikan kebutuhan mendesak untuk dapur umum saat ini, termasuk sembako, makanan siap saji, dan popok bayi dapat meringanan warga yang terdampak. 

"Kami berharap bantuan sosial dari FPKT Pasawahan dapat menjadi inspirasi bagi pegiat sosial lainnya untuk ikut membantu saudara-saudara yang mengalami musibah." ucapnya.
 

Sementara itu, Ambu Ani, Ketua FPKT Kecamatan Pasawahan, mengatakan bahwa bantuan sosial yang diberikan berupa sayuran, lauk pauk, popok bayi, dan air minum. 

Ani juga menjelaskan, setiap perwakilan anggota Karang Taruna dari 12 Desa turut serta dalam penyaluran bantuan ini. 

"kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi Karang Taruna Kecamatan lainnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan serupa." tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua Kebencanaan FPKT Pasawahan, 
Aditgaris, menambahkan bahwa persiapan untuk kegiatan ini telah dilakukan satu minggu sebelumnya dengan menggalang donasi melalui perwakilan Desa. 

"Harapan kami sebagai Karang Taruna yang berjiwa sosial, khususnya untuk FPKT dan Karang Taruna lainnya, adalah agar lebih tergerak hatinya untuk saling membantu warga yang membutuhkan, seperti dalam situasi bencana longsor ini," ungkapnya.