Sosialisasi KIM Tingkat Desa di Kecamatan Pondoksalam, Langkah Menuju Informasi yang Lebih Baik


Purwakarta
- Pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Pondoksalam telah melaksanakan sosialisasi pemberdayaan KIM tingkat Desa. 

Acara berlangsung di aula Desa Salammulya Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta, pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Tujuan sosialisasi ini memperkuat peran KIM dalam menyebarkan informasi publik yang akurat dan bermanfaat kepada masyarakat.

Diketahui, KIM merupakan mitra utama dalam menyebarkan informasi publik di tingkat Desa, Kecamatan, maupun Kabupaten. 

KIM memiliki peran strategis sebagai media penyampaian informasi dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat luas. 

Dalam rapat mingguan yang berlangsung di Desa Salammulya, Ketua KIM Kecamatan Pondoksalam, Abun Bunyamin, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Desa atas dukungan dalam sosialisasi ini. 

"Kami berharap bahwa melalui kegiatan ini, masyarakat dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menyaring dan menilai informasi yang mereka terima dan kemudian disebarkan kepada warga," ungkap Abun.

"Kami juga berharap bahwa dengan sosialisasi ini, KIM di 11 Desa di Kecamatan Pondoksalam dapat segera terbentuk pada tahun 2024," sambung Abun.

Sementara itu, Kepala Desa Salammulya, Amad, juga menyambut baik sosialisasi KIM di desanya. 

"Saya berharap bahwa melalui upaya ini, warga desa dapat lebih mudah memahami informasi yang baik dan dapat menyaring informasi yang tidak baik," ucapnya.
 

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Fery Heryana, Sekretaris Camat sekaligus Penasehat KIM Kecamatan Pondoksalam. Dia menyatakan bahwa sosialisasi KIM hari ini diharapkan dapat mempercepat pembentukan KIM di 11 Desa di Kecamatan Pondoksalam.

"KIM sangat bermanfaat bagi kami dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat. Ini dapat menjadi penyeimbang bagi informasi dari berbagai media, baik cetak maupun online," jelas Fery.

Dalam acara tersebut, Camat Pondoksalam, Hilman Nugraha, yang juga merupakan pembina KIM, menjelaskan pentingnya peran KIM sebagai mitra pemerintah daerah, termasuk pemerintah Desa, dalam menyediakan informasi yang benar dan akurat.

"Dengan adanya KIM, kami berharap masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dan produktif dalam menciptakan situasi yang kondusif," ungkapnya.

Acara ini dihadiri oleh seluruh lembaga desa, RT, RW, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, l
inmas, dan anggota karang taruna.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Alex
Editor: Abdar