Wujudkan Masyarakat Aktif dan Peka Informasi, Diskominfo Purwakarta Gelar Peningkatan Kapasitas KIM


Purwakarta
- Dalam rangka optimalisasi peran kelompok informasi masyarakat (KIM) dalam Diseminasi Program Pemerintah dan Pembangunan Daerah, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta menggelar Peningkatan Kapasitas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Villa Joglo Bojong Loa, 26-27 September 2023.

Kepala Diskominfo Purwakarta, Rudi Hartono, mengungkapkan bahwa Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta merupakan salah satau lembaga komunitas sosial dengan maksud dan tujuan untuk menciptakan jaringan informasi dan komunikasi dua arah.

"Kami mengapresiasi program ini yang sedang dilaksanakan bersama teman-teman kelompok informasi masyarakat Kabupaten Purwakarta dengan maksud untuk menciptakan jaringan formasi dan komunikasi dari kelompok masyarakat lain dengan masyarakat lainnya," ungkap, Rudi, ketika dikonfirmasi oleh Media KIM Kabupaten Purwakarta, Selasa 26 September 2023.

Tentunya program ini dilakukan, jelas Rudi, guna mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka terhadap informasi yang diterima.

"Dalam pelatihan ini, kami hadirkan narasumber dari KIM Kabupaten Garut Janur, selain itu temanya juga terkait penanggulangan pencegahan stunting yang dihadiri ibu Sekdis Kesehatan yang sekarang sedang memberikan materi," jelasnya.

Hal ini, menurut Rudi, sesuai arahan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Dalam undang-undang tersebut, di situ di dalamnya ada yang wajib diberikan kepada masyarakat dan ada pula informasi yang dikecualikan," ucap Rudi.
 

Ia menambahkan, informasi yang wajib diberikan ke masyarakat itu ada tiga unsur, yang pertama informasi secara berkala kemudian informasi serta merta dan informasi setiap.

"Saat wabah yang kayak kemarin-kemarin pandemi covid-19 itu informasi masuk ke dalam kelompok informasi serta merta jadi masyarakat yang tidak meminta apapun kita selaku aparat pemerintah wajib memberikan informasi tersebut kepada masyarakat.

Tentunya, tambah dia, supaya masyarakat harus tahu bahwa informasi harus disikapi agar tidak terjadi keberlanjutan wabah penyakit.

"Dengan hadirnya KIM Kabupaten Purwakarta agar bisa menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat secara luas supaya masyarakat peka terhadap informasi dan ke depan pun kami berharap pula KIM Kabupaten Purwakarta menjadi KIM terbaik di tingkat provinsi," kata Rudi.

Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut, Ketua FK KIM Kabupaten Garut, Janur M. Bagus. Ia mengungkapkan bahwa ini merupakan upaya pemberdayaan yang sangat bagus sekali.

"Saya rasa kegiatan pemberdayaan ini sangat keren, teman-teman KIM di Purwakarta sudah membuktikan sehingga pemerintah hadir untuk KIM-nya," ucap Abah Janur sapaan akrabnya Ketua FK KIM Kabupaten Garut.

Ini memang, lanjut dia, regulasi tersebut mengarahkan semua itu dan KIM merupakan organisasi mandatori yang harus dimanfaatkan oleh pemerintah.

"Ini merupakan pemberdayaan yang sangat luar biasa dan harus tetap dijaga antara KIM dan pemerintah dalam hal ini Diskominfo yang membuat regulasi," pungkasnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar