Kabupaten Purwakarta, Tancapkan Prestasi sebagai Destinasi Investasi Unggulan di Jawa Barat

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

Purwakarta
- Kabupaten Purwakarta terus mengukuhkan dirinya sebagai salah satu tujuan investasi utama di Provinsi Jawa Barat.

Pada tahun 2023 ini, daerah penghasil Manggis Wanayasa, salah satu manggis terbaik di Indonesia yang mendunia, menjadi salah satu dari tiga daerah tujuan investasi terbesar di Jawa Barat.

Prestasi ini diraih setelah Kabupaten Purwakarta berhasil mencatatkan nilai investasi sebesar Rp 8,99 triliun selama semester pertama periode Januari hingga Juni 2023.

Keberhasilan ini melampaui beberapa daerah besar lainnya di Jawa Barat, seperti Kabupaten Bogor dengan capaian investasi sebesar Rp 7,66 triliun dan Kabupaten Bandung dengan capaian sebesar Rp 6,04 triliun.

Posisi Kabupaten Purwakarta hanya berada di bawah Kabupaten Bekasi dengan nilai investasi Rp 26,47 triliun dan Kabupaten Karawang dengan nilai investasi Rp 22,36 triliun.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, menyatakan bahwa pencapaian ini berkat kerja keras banyak pihak dalam menciptakan iklim investasi yang sangat kondusif dan menguntungkan.

"Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan. Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras banyak pihak, termasuk semua jajaran Pemerintah Kabupaten Purwakarta, pelaku usaha, dan para pemangku kepentingan lainnya. Kami akan menggunakan prestasi ini sebagai dorongan besar untuk terus maju," ucap Bupati Anne Ratna Mustika pada tanggal 1 Agustus 2023.

Stabilitas daerah juga diakui sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan Kabupaten Purwakarta sebagai tujuan investasi utama di Jawa Barat.  

"Peran luar biasa dari TNI-Polri dalam mendukung Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah berkontribusi besar dalam menciptakan keamanan dan stabilitas daerah, yang merupakan syarat penting bagi masuknya investasi," sebut Bupati Anne.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta, Norman Nugraha, menjelaskan bahwa capaian nilai investasi sebesar Rp 8,99 triliun tersebut diperoleh dari dua tahap, yaitu triwulan pertama Januari-Maret 2023 dengan capaian nilai investasi sebesar Rp 3,29 triliun, dan triwulan kedua April-Juni 2023 dengan capaian nilai investasi mencapai Rp 5,70 triliun.

Data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Purwakarta menunjukkan bahwa ada lima sektor terbesar yang menjadi tujuan investasi di daerah tersebut. 

Kelima sektor tersebut meliputi sektor transportasi, pergudangan, dan telekomunikasi dengan nilai investasi Rp 3,18 triliun, sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran dengan nilai investasi Rp 1,84 triliun, sektor industri kimia dan farmasi dengan nilai investasi Rp 1,18 triliun, sektor industri tekstil dengan nilai investasi Rp 687 miliar, serta sektor listrik, gas, dan air dengan nilai investasi Rp 559,3 miliar.

Norman menyatakan bahwa kedepannya, semua sektor potensial lainnya di Purwakarta harus dipersiapkan dengan matang agar dapat menjadi daya tarik besar bagi peningkatan investasi daerah. 

"Beberapa sektor untuk dikembangkan meliputi sektor pertanian dan perkebunan, sektor pariwisata, serta sektor industri ekonomi kreatif. Tujuan utamanya adalah menjadikan Purwakarta sebagai kekuatan utama dalam hal investasi di tingkat daerah maupun nasional," pungkasnya.


Media KIM Kabupaten Purwkarta
Editor: Abdar