Kabupaten Purwakarta Raih Prestasi Nasional sebagai Pelayanan KB Pasca Persalinan Terbaik


Purwakarta
- Kabupaten Purwakarta meraih peringkat teratas secara nasional dalam bidang kependudukan dan keluarga berencana (KB).

Kabupaten yang terkenal sebagai produsen manggis terbaik di Indonesia berhasil menjadi juara pertama dalam kategori Capaian Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Pasca Persalinan.

Prestasi luar biasa ini dicapai oleh Kabupaten Purwakarta melalui kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional Ke-30 yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada tanggal 14 Juni 2023.

Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, meraih posisi juara kedua, sedangkan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, meraih posisi juara ketiga.

Pengumuman pemenang ini diumumkan oleh BKKBN Pusat melalui surat yang diterima pada tanggal 3 Juli 2023, yang ditandatangani oleh Deputi Bina Akses Pelayanan BKKBN, H. Zamhir Setiawan.

Kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Anne Ratna Mustika diakui sebagai juara pertama setelah berhasil melebihi target yang ditetapkan dalam capaian pelayanan KB pasca persalinan.

Dalam kategori ini, Kabupaten Purwakarta melayani sebanyak 3.236 peserta KB pasca persalinan. Angka ini jauh melampaui target yang ditetapkan sebesar 241 peserta KB atau mencapai 1.324,7 persen dari target yang ditetapkan.

Bupati Anne Ratna Mustika menyatakan bahwa prestasi yang membanggakan ini dapat dicapai berkat kerja keras dari jajaran Pemerintah Kabupaten Purwakarta serta dukungan yang luar biasa dari TNI-Polri dalam mendukung program KB Nasional.

"Purwakarta selalu menganggap program KB sebagai program yang sangat penting dan strategis. Kami terus bekerja keras dengan berbagai pihak untuk memastikan bahwa semua program KB dapat berjalan dengan sukses. Penghargaan yang kami peroleh ini merupakan bukti keberhasilan kerja keras dan kerja sama semua pihak," ujar Anne Ratna Mustika, pada Jumat, 7 Juli 2023.

Prestasi Purwakarta dalam program KB Nasional ini menambah daftar prestasi sebelumnya, termasuk Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Daerah yang Mendukung Program KB Metode Operasi Pria (MOP) pada tanggal 14 Februari 2023.

"Penerimaan berbagai penghargaan ini sekaligus membuktikan bahwa pelaksanaan program KB Nasional yang berhasil di Purwakarta berada pada jalur yang tepat. Prestasi ini harus kami jaga dengan terus meningkatkan capaian yang sudah kami peroleh agar menjadi lebih baik lagi," kata Bupati Anne Ratna Mustika.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar