Menpora Dito Ariotedjo Resmi Buka Jambore KORMI Purwakarta ke-2, Dorong Prestasi Olahraga

Menpora Dito Ariotedjo secara resmi membuka Jambore KORMI Purwakarta yang ke-2

Purwakarta
- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo secara resmi membuka Jambore Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Purwakarta yang ke-2 pada Jumat, 16 Juni 2023.

Upacara pembukaan jambore ini diadakan di Stadion Olahraga Purnawarman dan dihadiri oleh lebih dari 6.000 peserta dari berbagai cabang olahraga, yang memenuhi stadion olahraga terbesar dan termegah di Purwakarta.

Beberapa pejabat dan tokoh penting turut mendampingi Menpora dalam upacara pembukaan tersebut, antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional Kemenpora Alia Noorayu Laksono. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, jajaran Forkopimda Purwakarta, dan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika selaku tuan rumah Jambore KORMI.

Dalam pidatonya, Menpora mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang secara rutin menggelar acara olahraga setiap tahun, termasuk olahraga prestasi, olahraga masyarakat, dan kejuaraan triathlon internasional yang diselenggarakan di kawasan Jatiluhur pada Januari 2023 lalu.

"Kami juga mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam memperbaiki pembinaan atlet berprestasi melalui renovasi berbagai venue dan gedung olahraga, termasuk pusat olahraga Purwakarta," kata Menpora Dito.

Menpora yakin bahwa langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan mendorong peningkatan prestasi Purwakarta baik di tingkat Jawa Barat maupun nasional.

Menurut Menpora, kegiatan olahraga juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, UMKM, dan sektor industri besar.

"Termasuk Jambore KORMI Purwakarta ini, pasti akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sekali lagi, saya ucapkan selamat untuk Purwakarta. Saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun," ujarnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang ikut mendampingi Menpora dalam pidatonya menyatakan bahwa pada tahun 2022, Jawa Barat mendapatkan penghargaan dari Menpora sebagai daerah dengan pembinaan atlet terbaik.

"Penghargaan tersebut diberikan karena atlet-atlet Jabar telah mencapai prestasi luar biasa. Pada tahun 2016, Jawa Barat menjadi juara PON ketika menjadi tuan rumah, dan pada tahun 2020, kita juga menjadi juara di Papua. Hal ini membuktikan bahwa kita telah berhasil dalam pembinaan olahraga," kata Gubernur Ridwan Kamil.

Olahraga sebagai Pendorong Pariwisata

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyatakan bahwa Jambore KORMI merupakan acara tahunan dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten dan Kota Purwakarta.

"Kami ingin menghidupkan kembali minat masyarakat terhadap olahraga, agar masyarakat Purwakarta lebih sehat dan kuat, serta melahirkan atlet-atlet olahraga yang unggul. Dengan demikian, olahraga akan menjadi kebutuhan dan gaya hidup, terutama di kalangan generasi muda," kata Bupati Anne.

Sebagai bupati perempuan pertama di Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah secara berulang kali menyelenggarakan acara olahraga di berbagai lokasi wisata, sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan ke Purwakarta.

"Seperti pada saat menggelar Triathlon Internasional pada bulan Januari yang lalu di Kawasan Jatiluhur, yang juga merupakan salah satu lokasi wisata unggulan. Dengan cara ini, acara olahraga dapat membantu meningkatkan pariwisata di daerah ini," ujar Anne Ratna Mustika.

Jambore KORMI Kabupaten Purwakarta 2023 diikuti oleh 6.200 peserta dari berbagai cabang olahraga. Jambore kali ini merupakan yang kedua setelah Jambore KORMI pertama yang sukses dilaksanakan pada bulan Agustus 2022.

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Purwakarta, Iyus Permana, menjelaskan bahwa sejumlah induk cabang olahraga (INORGA) turut berpartisipasi dalam Jambore KORMI.

"Dari total 30 INORGA yang terdaftar di KORMI Purwakarta, sebanyak 22 INORGA ikut serta dalam Jambore KORMI kali ini," kata Iyus.

Iyus juga menjelaskan bahwa 22 INORGA yang berpartisipasi dalam Jambore KORMI kali ini meliputi berbagai cabang olahraga seperti senam tera, senam kreasi, panahan tradisional, layangan, ketapel, skateboard, gulat tangan, panco, taekwondo, karate, kempo, pencak silat, airsoftgun, sepeda BMX, dan panjat gunung.

Menurut Iyus, jumlah peserta Jambore KORMI kali ini mencapai 6.200 orang yang terdiri dari atlet, pelatih, manajer, dan pengurus INORGA.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar