Sejarah Baru, Persahabatan Purwakarta dengan Negara Brunei Darussalam


Purwakarta
- Al-Muhajirin, OPOP (One Pesantren One Product), Komite Ekraf Purwakarta dengan Produk unggulannya memeriahkan acara Expo Produk UMKM dan Batik di Kedutaan Besar Republik

Indonesia di Brunei Darussalam dalam rangka HUT ke 23 DWP (Dharma Wanita Persatuan) Bandar Seri Begawan yang diselenggarakan pada tanggal 24 Januari 2023.

Delegasi yang berangkat adalah DR. Ifa Faizah Rohmah, M.Pd dari Pesantren Al-Muhajirin, Deden Miftah, S.T., Pengurus OPOP Purwakarta, Febby Ali Dzuhri Ketua Komite Ekraf Purwakarta dan Perwakilan dari Dharma Wanita Persatuan Brunei Darussalam, Ibu Ida Lestari sekaligus juga sebagai manajemen kegiatan. 

Sementara itu, Aa Komara sebagai caretaker dokumen dan koordinasi dengan stakeholder terkait.

Acara ini di hadiri oleh Royal Family (Kesultanan Brunei), para Menteri, para Duta Besar negara sahabat, istri dari wakil kepala perwakilan KBRI BSB serta fungsi ekonomi KBRI BSB Bapak Timbul Situmorang,

Pengusaha/ Trader, International Women Craft dan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam.

"Acara ini sebagai upaya dalam memperkenalkan budaya dan potensi ekonomi kreatif Indonesia kepada masyarakat Brunei dan Internasional," ungkap D
uta Besar Brunei Darussalam, Bapak DR. Sujatmiko, M.A.

Sementara itu, dalam kesempatan itu DR. HJ. Ifa Faizah Rohmah, M.Pd sebagai Ketua Yayasan Al-Muhajirin mengtakan, Brunei Darussalam dan Indonesia memiliki kultur dan karakteristik yang hampir sama, tentu produk Indonesia akan mudah diterima oleh masyarakat Brunei. 

"Momentum ini sebagai jendela untuk GO Internasional, untuk itu Pondok Pesantren Al-Muhajirin, OPOP dan Komite Ekraf Purwakarta sangat siap berkolaborasi memenuhi pangsa pasar Brunei juga dunia," ucap dia sebagai perwakilan delegasi Purwakarta.

Diktehaui, Pesantren Al-Muhajirin dikenal selain lembaga yang terdepan di bidang pendidikan juga mendapat penghargaan sebagai Pesantren Juara Kuliner dan Pemberdayaan Ekonomi oleh Gubernur Jawa Barat, H. Moch. Ridwan Kamil di tahun 2023.

Sebelumnya di tahun 2019 mendapat penghargaan kejuaraan OPOP (One Pesantren One Product ) di Jawa Barat dan menjadi tempat pelatihan kewirausahaan Pesantren Pesantren se-Jawa Barat dari Tahun 2020 sampai sekarang.

Dalam kesempatan itu, Ibu Sujatmiko, Ketua DWP sekaligus juga Istri Duta Besar KBRI memberikan piagam penghormatan dan dibalas dengan pemberian cinderamata dari Purwakarta yang diserahterimakan oleh DR. Ifa Faizah Rohmah, M.Pd.

Acara dimeriahkan pula dengan penampilan Fashion Show Model Batik dimana Purwakarta memperkenalkan batik Eco Print dengan model diperagakan langsung oleh Ketua Komite Ekraf Purwakarta, Kak Feby dan juga para model lainnya dari Brunei.

Antusias hadirin sangat luar biasa terbukti hampir 95 persen produk kuliner dan Ekraf Purwakarta terjual habis.

Dan yang paling penting adalah prospek kerjasama untuk bisa menghadirkan produk produk Purwakarta ke depan telah di terima dengan antusias, terutama yang banyak diminati adalah Simping Vegetable, Sasate, Kopi, rempah tanpa gula dan keripik pisang coklat yang merupakan produk OPOP binaan Pak Deden Miftah.

Produk ekraf seperti batik Eco Print dan anyaman eceng gondok juga sangat menarik perhatian tamu undangan dan peserta. Acara Expo berjalan meriah dan para tamu undangan terlihat begitu puas dan bahagia.

Selepas Ashar, acara Expo berakhir. Selanjutnya delegasi Purwakarta diundang di Pengurus Cabang Internasional Nahdhatul Ulama (PCINU ) Brunei Darussalam untuk berdiskusi berkenaan dengan pemberdayaan Pendidikan dan Ekonomi Kreatif Pesantren. Diskusi berjalan dengan hangat dan penuh kekeluargaan.

Hadir di agenda diskusi ini Rois Syuriah, Khatib Syuriah, Ketua Tanfidziyah, Sekertaris Tanfidziyah, Pengurus Lazisnu, Lembaga Perekonomian NU, Fatayat, Muslimat dan anggota PCINU.

Semoga dengan kunjungan ini semakin menguatkan Silaturahmi dan kerjasama antar Organisasi Masyarakat Islam Indonesia dan Brunei Darussalam.

Selepas Maghrib, Delegasi Purwakarta di undang di acara Dinner bersama Bapak Duta besar beserta Ibu dan keluarga.

Turut hadir manajemen kedutaan dan Ibu Frida Aulia pengusaha batik dari Bogor yang juga mengikuti Expo.

Perbincangan begitu asyik dan hangat selain berbincang mengenai tindak lanjut peluang usaha. Pak Duta dan Ibu juga menceritakan pengalamannya dalam mengemban tugas selama di Brunei dan tahun ini akan purna tugas.

Selamat untuk Pak Dubes RI dan Ibu untuk perjuangan khidmat selama di Brunei, yang pastinya akan selalu terkenang dengan prestasi dan kenangan kebaikannya.

Kegiatan ini terlaksana atas dukungan moril dan materil yang diberikan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muhajirin, Prof. K.H. DR. Abun Bunyamin, M.A. serta Bupati Kabupaten Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika, S.E.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar