Jaga Ketahanan Pangan, Ini Upaya yang Dilakukan Desa Karangmukti Kecamatan Bungursari


Purwakarta
- Untuk menjaga ketahanan pangan warga, Pemerintah Desa Karangmukti, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta di Provinsi Jawa Barat lakukan penanaman bibit jagung manis.

Program ini bekerjasama dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Bungursari, Koramil 1907 Bungursari, Kodim 0619/ PWK dibantu oleh warga sekitar.

Menurut koordinator penyuluh pertanian di BPP Kecamatan Bungursari, Arie Yuwanita Sari Rahayu,.SP, luas lahan yang kini ditanami jagung itu seluas 3000 M².

"Luas lahan yang dijadikan sebagai kebun jagung itu, 3000 meter persegi (M²). Jadi dari masa tanam hingga sampai panen nantinya sekitar 75 hari," ujar di BPP Kecamatan Bungursari, pada saat ditemui oleh Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta, Jum'at (29/7/2022) di lokasi.

Hikmat Fadillah, SP selaku penyuluh pertanian di BPP Kecamatan Bungursari menambahkan dalam program tersebut diharapkan dapat memberikan tambahan ekonomi warga .
 

"Saya berharap ini dapat bermanfaat bagi warga sekitar Desa Karangmukti, demi menjaga ketahanan pangan warganya," papar Hikmat Fadillah.

Sementara itu ditemui usai penamaan, Kades Karangmukti H. Endin Jaenudin,.SM mengungkapkan hal senada dengan apa yang telah diungkapkan oleh kedua narasumber diatas, menurutnya ini dapat meningkatkan perekonomian warga di desa.

"Saya berharap program ini dapat berkelanjutan, tadi yang melakukan penanaman jagung manis itu adalah para kelompok tani wanita (KWT) yang ada di Karangmukti," jelas Kades Endin sambil menutup kata.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Yusup Bachtiar
Editor: Abdar