Atasi Banjir, Desa Ciwangi Bangun Drainase


Purwakarta
- Untuk mengatasi banjir dikala musim penghujan, pemerintahan Desa Ciwangi Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat ini, bangun drainase atau saluran pembuangan air.

Menurut Kades Ciwangi pengerjaan proyek saluran pembuangan air itu berada di dua titik yakni di RW 08-09.

"Di dua lokasi itu sering terjadi banjir, karena disitu merupakan pembuangan air dari wilayah lain, sehingga mengaliri sekitar perkampungan Perum Griya Ciwangi," ujar Kades Ciwangi Abdul Hakim, ketika ditemui oleh reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta, di kantornya Sabtu (13/11/2021) usai rapat dengan LPM, BAMUSDES, RT RW dan TPK.

Sumber anggaran untuk pembangunan saluran pembuangan air itu, lanjutnya menggunakan anggaran dari Bantuan provinsi Jawa barat, tahun anggaran 2021.

"Harapannya, mudah-mudahan kedepannya tidak ada lagi banjir yang mengenang kawasan pemukiman penduduk. Sedangkan satu titiknya menghabiskan biaya sebesar Rp 20 jutaan," jelasnya.

Masih menurut Ustadz Iim, sapaan akrabnya Kades, di desanya untuk merehab rumah penduduk pada saat ini pemerintah Provinsi Jawa barat tahun anggaran 2021, telah mengucurkan bantuan sosial untuk memperbaiki kualitas rumah penduduk melalui program rumah tinggal tidak layak huni (rutilahu), sebanyak 20 rumah.

"Ke dua puluh (20) rutilahu itu di bagi dalam dua tahap, untuk tahap pertama 10 rumah dan sisanya 10 rumah, tahap pertama sudah selesai dan tahap kedua Insha Allah di kerjakan di Minggu depan, sumber dari APBD Provinsi Jawa barat, di perkampungan di RW 01, 02, 04, 06 dan 07," pungkasnya. 

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Yusup Bachtiar