Kejar Target Vaksinasi Lansia, Pemkab Purwakarta Integrasikan Pelayanan Posbindu


KIMPurwakarta.web.id
- Dalam rangka meningkatkan cakupan vaksinasi lansia, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta integrasikan dengan kegiatan di Pos Binaan Trtpadu (Posbindu). Hal ini dilaksanakan mengingat lansia adalah kelompok yang rentan terpapar penyakit termasuk penularan Covid 19.

Bupati Purwakarta melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) telah meresmikan empat Posbindu di empat Desa pada dua Kecamatan, Rabu 27 Oktober 2021.

Posbindu tersebut diantaranya terdapat di Kecamatan Bababakan Cikao yakni, di Desa Ciwareng dan Desa Mulyamekar. Sementara di Kecamatan Campaka ada di Desa Campakasari dan Desa Benteng.

Dalam keterangannya, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, Posbindu ini merupakan Posyandunya para lansia. Jadi Posbindu ini harus terintegrasi dengan kegiatan keagamaan seperti pengajian dan mengakomodasi kebutuhan para lansia seperti kesehatan.

"Lansia ini dalam menjalani program vaksinasi sedikit berbeda. Jadi pentingnya edukasi kepada lansia, terutama masalah keamanan dan kehalalannya, sehingga lansia tidak perlu merasa takut karena vaksin ini akan memberikan kekebalan terhadap tubuh sehingga tidak mudah tertular Covid-19, dan kalaupun terpapar tidak akan memberikan gejala yang berat hingga menyebabkan kematian," kata Ambu Anne.

Untuk itu, sambung dia, pihaknya mengajak semua pihak bersama-sama mengedukasi para lansia agar bersedia divaksinasi Covid-19. "Tujuannya, supaya terbentuk herd immunity dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang sekarang sudah mulai melandai," ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan percepatan vaksinasi rangkaian ini diintegrasikan dengan kegiatan-kegiatan yang lain seperti pembentukan posbindu kemudian juga sosialisasi kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Purwakarta.

Selain itu, Ambu Anne menambahkan, ada sosialisasi kesehatan, juga kegiatan pemberdayaan masyarakat. Target vaksinasi seharusnya bulan ini adalah 40 persen untuk vaksinasi lansia dan dosis 1 adalah 70 persen, tetapi Kabupaten Purwakarta memang masih cukup tinggi dan harus mengejar ketertinggalan.

"Untuk valsinasi kita kan terus diintegrasikan dengan kegiatan posbindu ini, dan hari ini kita masih tertinggal 12 di persen masih jauh. Makanya kita akan melakukan percepatan dengan disatukan diintrgasikan dengan program Posbindu ini," demikian Ambu Anne.

Sumber: https://purwakartakab.go.id/read/1557