-->

Di Hari Santri, Ini yang Disampaikan Ridwan Kamil

Peringatan hari santri 2020 tingkat Jawa Barat digelar dengan upacara bendera di halaman Gedung Sate Kota Bandung, dipimpin langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kamis (22/10/2020)

KIMPurwakarta.web.id - Itulah tema peringatan hari santri 22 Oktober 2020. Peringatan hari santri 2020 tingkat Jawa Barat digelar dengan upacara bendera di halaman Gedung Sate Kota Bandung, dipimpin langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kamis (22/10/2020). Ridwan Kamil dalam sambutannya membacakan amanat tertulis Menteri Agama RI.

"Tema ini diambil terkait ketahanan dan penanggulangan pesantren dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dengan kekhasannya, pesantren dinilai mampu menanggulangi dan dan menghadapi pandemi," kata Kang Emil.

Oleh karena itu, pesantren bisa dijadikan model dalam upaya penanggulangan Covid-19. Dalam sambutan Menteri Agama itu juga disebutkan pesantren sangat besar kontribusinya kepada bangsa, terutama dalam hal pembentukan generasi berakhlak mulia.

"Oleh karena itu sangat tepat jika tema peringatan hari Santri tahun ini adalah Santri Sehat, Indonesia Kuat," katanya.

Dalam peringatan hari Santri tingkat Jawa Barat dibacakan juga naskah 'Resolusi Jihad' yang menjadi dasar penetapan 22 Oktober sebagai hari Santri. Hal itu terkait peristiwa pertemuan para ulama NU di Surabaya yang menghasilkan resolusi jihad melawan penjajah yang ingin menguasai kembali Indonesia, yang disampaikan pada tanggal 22 Oktober 1945. Resolusi Jihad ini pula yang menyemengati terjadinya peristiwa 10 November 1945 yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan.(*)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)