-->

DPMD Purwakarta Berikan Pembinaan Pada Pengurus BUMDes di Kecamatan Babakancikao

H. Dede Sanusi SH saat memberikan sambutan
Purwakarta - Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) sangat serius untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

DPMD bersama TA TPP P3MD Kab Purwakarta gencar melakukan sosialisasi dan pembinaan terhadap pengurus BUMDes 9 desa di Kecamatan Babakancikao.

Kegiatan yang dilaksakan di Pendopo Kecamatan Babakancikao, Rabu (15/07/20) ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil kinerja BUMDes dalam pengelolaan usaha yang sudah ada.

Diketahui dalam pembinaan tersebut, setiap BUMDes diintruksikan membawa dokumen. Seperti perdes BUMDes, AD/ART, berita acara penyertaan modal, laporan neraca keuangan dan buku rekening.

Pembinaa tersebut dihadiri Camat, Kepala Desa dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Babakancikao.

"BUMDes yang telah didirikan bisa berjalan dan berkembang dengan baik ada komitmen yang kuat antara Kepala Desa dan jajarannya dengan pengurus BUMDes," ujar H. Dede Sanusi SH selaku Camat dalam sambutannya.

Drs H.Asep Suparman, MM selalu Kabid PED DPMD Kabupaten Purwakarta mengharapkan pengurus atau pengelola Bumdes dapat menjalankan amanah dengan baik.

"BUMDes juga harus dapat mengoptimalkan peluang usaha oleh bumdes dengan bekerjasama dan bermitra dengan pabrik-pabrik yang ada di wilayah Babakancikao," ucap Asep.
 


Ditempat yang sama, H. Taman selaku Tenaga Ahli (TA) Pemberdayaan Kabupaten Purwakarta menjelaskan BUMDes adalah badan usaha bukan badan sosial jadi perlu dikelola manajemannya dengan tepat.

"Selain itu perlu juga manajemen yang profesional agar dapat menghasilkan keuntungan," ujar Taman

Seai itu menurut Ara Giwangkara TA PED P3MD Kabupaten Purwakarta menuturkan perencanaan usaha BUMDes perlu didukung oleh pendataan potensi desa dan market kebutuhan masyarakat di desanya.

Dengan adanya potensi desa dan market kebutuhanmasyrajat jenis usaha yang akan di jalankan dapat berjalan dengan lancar dan berkembang," kata Ara .

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)