-->

Jambanisasi Babinsa Ciwangi Mampu Tingkatkan Pola Hidup Sehat Warga


Bungursari - Pembuatan jamban oleh Babinsa Ciwangi telah selesai dikerjakan, salah satu penerima Jambanisasi adalah Ibu Warsih (60 tahun) warga Kp. Cibaragalan RT 031 RW 007 Desa Ciwangi, Jumat (09/08/2019).


Dengan dibuatkannya jamban bagi keluarga kurang mampu di Desa Ciwangi yang selama ini belum mempunyai jamban, benar-benar dirasakan langsung oleh warga penerima, karena selama ini kalau mau buang air besar harus kesungai atau ikut ke tetangga.


Tidak hanya bagi penerima Program Jambanisasi dari Babinsa & Resimen Men Armed 2 saja, melainkan lingkungan secara umum, terutama di Desa Ciwangi juga sangat diuntungkan. Karena, dengan Program Jambanisasi bagi sejumlah warga di Desa Ciwangi, otomatis akan mengubah pola hidup sehat.



Dadang Supriatna S,Pd selaku Kepala Desa Ciwangi menuturkan ‘‘Minimal warga yang kini sudah punya jamban sendiri tidak lagi buang air besar di sembarang tempat yang tentunya akan mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan,’’ Jelas dia.


Lanjut dia, "Dengan berubahnya pola hidup yang menuju kesehatan itu, maka warga tidak akan buang air besar disembarang tempat, praktis penyebaran penyakit. Seperti penyakit diare atau penyakit perut lainnya yang tidak mudah menjangkiti warga Desa Ciwangi" Ungkap Dadang Supriatna S,Pd.
 


Hal senada diungkapkan Ibu Warsih, penerima bantuan Jambanisasi bahwasannya dirinya dan keluarga kini bisa menerapkan hidup sehat, karena tidak buang air besar ke sungai atau ikut ke tetangga lagi.


Menurut RT setempat Arie Prasetyo “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan jamban. Kini warga kami tidak harus ke sungai untuk buang air besar. Sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan sehat,” tuturnya


(Rief)
KIM Bungursari

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)