-->

Pasca Kekeringan Situ Karangmukti Bungursari Warga Terancam Gagal Bertani


Bungursari - Akibat kemarau berkepanjang di pertengahan April hingga ke pertengahan Juni 2019, menjadi salah satu penyebab kekeringan Situ (Danau) Karangmukti di Desa Karangmukti, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. 

Semenjak musim kemarau beberapa bulan terakhir, sejumlah warga manfaatkan situ ini untuk mencari ikan.

Situ Karangmukti, menurut warga, biasanya dimanfaatkan untuk mengairi sawah-sawah di sekitar Desa tersebut. Semenjak mengalami kekeringan, sejumlah petani tak bisa lagi bercocok tanam.
 


"Bukan saja para petani yang mengandalkan sumber air dari Situ Karangmukti, biasanya warga memanfaatkan air ini untuk memancing ikan dan berekreasi, kini warga terpaksa harus menghentikan kebiasaannya untuk bercocok tanam padi dan beralih ke aktifitas lainnya. Setiap hari, warga yang terdiri dari Ibu-ibu dan Anak-anak, memanfaatkan situasi ini untuk mencari Ikan dengan menggunakan peralatan rumah tangga seadanya," sebut Tatang Sumana, Kadus 2 di Desa Karangmukti Kecamatan Bungursari, ketika di temui oleh KIM Bungursari, Jumat (14/6/2019), pada saat sedang kerja bakti (Jumsih).

Sementara itu, menurut Acam ketua RT 01/01 Desa Karangmukti, Situ atau Danau tersebut luasnya mencapai kurang lebih 2 Hektare dan dengan kedalaman 3 meter itu, kini hanya tersisa air semata kaki saja dan warga hanya bisa mencari Ikan Nila, Gabus, sepat dan lele, saja.

Para petani dan warga yang sering mengandalkan air dari sekitar Situ tersebut, mereka berharap kepada pemerintah daerah Purwakarta agar mencari solusinya, agar mereka bisa tetap bertahan hidup.

Tak jauh dari Situ Karangmukti, masih di sekitar Desa tersebut, juga terdapat salah satu Bendungan besar yang airnya selalu diandalkan oleh para petani, warga menginginkan agar Bendugan Pundong, yang mengalir dari Sungai Ciherang ini, sebagai salah satu solusi agar Situ Karangmukti tak kekeringan dan mendapatkan sub air dari Bendungan besar milik Perusahaan Jasa Tirta (PJT) 2 Jatiluhur Purwakarta.

Solusinya, apabila air dari Bendungan Pundong ini di alirkan ke Situ Karangmukti, maka ini akan menjawab tantangan bagi para petani dan warga yang mengandalkan sumber air dari Situ. 




(Yusup Bachtiar)
KIM Kecamatan Bungursari

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)