-->

Pembentukan Pengurus Paguyuban Pencak Silat Tatali Wargi Cilalawi Paleredan

Purwakarta - Pengurus Paguyuban Tatali Wargi Cilalawi Paleredan pada hari ini, Sabtu (14/11/2020) resmi terbentuk. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa Persatuan Pencak Silat (PPS) aliran dari cikal bakal Paguron Pencak Silat Tatali Wargi Cilalawi se-Kabupaten Purwakarta.

Cece Husni Romli, S.Pd yang terpilih sebagai Ketua Paguyuban menuturkan, pengurus ini terbentuk berdasarkan hasil musyawarah dari Persatuan Pencak Silat (PPS) Tatali Wargi Cilalawi Paleredan yang ada di Purwakarta .

"Hasil musyarah ini berdasarkan keputusan dari sesepuh dari masing-masing Perguruan Pencak Silat aliran tradisional Cilalawi Paleredan di daerah seluruh Kabupaten Purwakarta," ujar Cece saat ditemui oleh Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta.

Ia menambahkan, Perguruan-perguruan Pencak Silat Cilalawi Paleredan yang hadiri oleh beberapa Paguron (Perguruan pencak silat).

"Paguron; Tali Wargi Cahaya Gumelar, Tali Wargi Pusaka, Tali Wargi Panca Tunggal, Tali Wargi Mapag Napak Alam, Tali Wargi Satria Kancana, Tali Wargi Suryakancana, Tali Wargi Muda, Tali Wargi Raksa Galuh, Tali Wargi Lodaya Kembar, Tali Wargi Pusaka Mulya, dan Tali Wargi Satria Muda," ucap Cece.

Cece berharap setelah resmi terbentuk, kami menginginkan wadah perkumpulan ini sebagai wadah untuk dijadikan ajang silaturahmi dan saling bertukar pikiran. Dimana pada saat ini seperti yang diketahui oleh kebanyakan orang, pencak silat ini sudah bisa dikatakan hampir punah ditelan perubahan zaman atau kata lainnya kurang di minati oleh generasi penerus bangsa.

"Nah tentunya dengan terbentuknya perkumpulan (paguyuban) ini kedepannya kita disini bisa bertemu, berkumpul bersama membahas tentang tantangan zaman agar tak terkalahkan dengan seni beladiri dari luar Indonesia. Dan pencak silat ini tetap ada dan di cintai oleh seluruh warga masyarakat di Indonesia," sebut dirinya yang miris melihat budaya bangsa Indonesia yang hampir punah ini.

Sementara itu lanjut Cece, Cikal bakal terbentuknya Paguron Pencak Silat Cilalawi Paleredan yang ada di Purwakarta Provinsi Jawa Barat ini adalah berawal dari Sesepuh Raden Eyang Tisna Wijaya.

"Selanjut ke Raden Eyang Kosim dan Raden Eyang Didi Junaedi, kemudian di teruskan oleh Raden Eyang Mangku Dirja, hingga ke generasi Raden Muhamad Hasbuloh atau yang lebih dikenal dengan Mbah Duyeh," pungkas Cece.
 
Ketua pengurus Paguyuban Tatali Wargi Cilalawi Paleredan Cece Husni Romli, S.Pd
Diketahui susunan kepengurusan Paguyuban Tatali Wargi Cilalawi Paleredan;
  • Ketua: Cece Husni Romli, S.Pd
  • Wakil Ketua 1: Warno
  • Wakil Ketua 2: Dedi
  • Sekretaris: Dava
  • Wakil Sekretaris: Sonson
  • Bendahara: Syahrudin
Reporter: Yusup Bachtiar (Media KIM Kabupaten Purwakarta)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)