-->

Tangkal Hoaks, Cek Fakta Mandiri Yuk!

Rendy Wiguna dari JSH, dalam acara Forum Publik yang tayang di TVRI Jawa Barat, Sabtu sore (17/10/2020)
KIMPurwakarta.web.id - Jabar Saber Hoaks (JSH) mengajak masyarakat tangkal hoaks dengan cek fakta mandiri. Artinya, masyarakat bisa melakukan cek kebenaran informasi sendiri dengan menggunakan gadgetnya sendiri. Hal itu diungkapkan Rendy Wiguna dari JSH, dalam acara Forum Publik yang tayang di TVRI Jawa Barat, Sabtu sore (17/10/2020).

"Sebetulnya masyarakat bisa langsung mengecek kebenaran berita atau informasi sendiri dengan gadgetnya" kata Rendy

Menurut Rendy, cek fakta mandiri bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan googling berita yang sama di mesin pencari google, atau dengan melakukan pencarian melalui aplikasi yang tersedia di google yaitu Yandex.

"Jika kita menerima informasi foto atau video yang masih diragukan kebenarannya, gunakan saja Yandex. Foto atau video tadi kita upload di Yandex, dan nanti akan dicari kesesuaiannya" ujar Rendy.

Rendy juga menyampaikan bahwa selama ini JSH juga melakukan hal yang sama dalam mengecek fakta. Hanya saja JSH juga tetap bekerjasama dengan berbagai instansi pemerintah untuk melakukan cek fakta langsung dari sumbernya.

"Jika informasi itu berkaitan dengan instansi pemerintah, maka JSH langsung menanyakan ke instansi tersebut" ungkapnya.

Rendy meminta agar masyarakat tetap bijak menggunakan gadget, selalu menyaring informasi yang diterima sebelum disebarluaskan. Apalagi di Jabar akan menggelar Pilkada di 8 daerah, dan juga menghadapi bencana akibat musim hujan.

"Biasanya hoaks itu akan banyak di moment pilkada dan bencana. Banyak yang iseng menyebar informasi keliru" pungkasnya.(*)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)