-->

Tingkatkan Pembelajaran Siswa, Ini Yang Dilakukan Siswa SMP Negeri 10 Purwakarta

Siswa SMP Negri 10 Purwakarta saat memanen padi di halaman area persawahan milik sekolah (Dok: Disdik Purwakarta)
KIMPurwakarta.web.id - Para peserta didik perwakilan pengurus OSIS dan jajaran manajemen Sekolah Ekologi SMP Negri 10 Purwakarta menggelar panen padi di halaman area persawahan milik sekolah, Rabu (10/09).

Ditemui di lokasi, Kepala Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta, Hj. Neneng M Patimah mengatakan, padi di area sekolahnya ini ditanam selama 120 hari. Lebih lanjut, bukan tanpa misi, penanaman padi bertujuan untuk pembelajaran siswa, mulai dari menanam hingga memanen padi.

"Lalu, pada akhirnya, kami berharap bisa merealisasikan swasembada pangan mandiri, minimal untuk warga sekolah. Karena itu, para guru dan peserta didik diberikan motivasi untuk mencintai tanaman dan lingkungan," katanya.

Neneng menegaskan, selain tanaman padi, pihaknya juga menanam jenis tanaman sayuran.

"Hal ini adalah upaya kita agar mereka para peserta didik tidak tergantung menjadi manusia yang konsumtif. Dengan upaya ini, mereka menjadi manusia yang produktif, mampu menyediakan sendiri dari alam dan lingkungannya kemudian mengetahui bagaimana proses nasi yang setiap hari mereka makan," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta H. Purwanto berkesempatan hadir langsung menyaksikan panen padi. Dia mengapresiasi pihak sekolah yang partisipatif mengimplementasikan program yang di-inisiasi Disdik Purwakarta.

"Jenis padi yang kita tanam ini jenis IR 32 (Bima). Menanam dan memanen padi adalah cara kita mendidik anak-anak untuk mencintai, mengenal lingkungannya dan bisa merancang masa depan dengan baik," demikian ucapnya.(*)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)