Hasil Test Swab: Ambu Anne Negatif Terpapar Covid-19

Anne Ratna Mustika, Bupati Purwakarta
KIMPurwakarta.web.id - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika telah menjalani test swab untuk memastikan kondisi kesehatannya. Dirinya sempat dirundung gelisah setelah mendapat kabar jika salah satu anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) setempat ada yang terkonfirmasi positif covid-19.

Wajar Anne khawatir, apalagi dirinya sempat bersua dengan anggota dewan tersebut saat rapat paripurna beberapa waktu lalu. Dalam tes swab itu, Ambu Anne tidak sendiri. Tetapi terlihat ada beberapa pejabat yang juga turut mengikuti tes swab. Hasil tes tersebut, siang tadi sudah keluar. Ambu Anne dinyatakan negative terpapar covid-19.


“Hasil tes swab ibu bupati sudah ada. Beliau dinyatakan negative terpapar Covid-19,” ujar Juru bicara gugus tugas Covid-19 Purwakarta, dr.Deni Darmawan, Selasa (28/7/2020).


dr.Deni menjelaskan, kabar terinfeksinya salah seorang pimpinan DPRD Purwakarta itu memang cukup mengejutkan masyarakat. Pasalnya, yang bersangkutan terlihat berbaur dengan anggota legislatif lain dan para pejabat daerah termasuk bupati dan wakil bupati saat Sidang Paripurna Istimewa di Gedung DPRD setempat.


Namun, dr.Deni menilai sidang paripurna tersebut tidak berpotensi menjadi klaster baru penularan Covid-19 di Purwakarta. Menurutnya, saat itu daya penularan virusnya masih kurang. Tapi, kata dia, untuk lebih memastikan seluruh peserta sidang paripurna dan orang yang sempat berinteraksi anggota dewan tersebut harus di swab.


dr.Deni menjelaskan, sebagian besar anggota dan sekretariat DPRD Purwakarta telah menjalani tes swab pada Jumat (24/7/2020) pekan lalu. Hasilnya baru diumumkan pada Minggu (26/7/2020) dan diketahui satu orang anggota DPRD yang mengikuti tes tersebut dinyatakan positif Covid-19.


Tim dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Purwakarta, lanjut dia, saat ini masih melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang sempat berinteraksi dengan pasien. dr.Deni mengaku belum mengetahui penyebab dan kronologi penularan Covid-19 terhadap pasien tersebut.


Sementara itu, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika sangat bersyukur karena hasil tes swabnya menunjukan negative. Menurut Anne, tes swab yang dilakukannya menjadi langkah antisipasi dirinya. Karena, khawatir dirinya pun terpapar virus tersebut.


Anne tak mau ambil resiko. Sehingga, sejak mendapat kabar ada salah satu anggota DPRD yang positif terpapar covid, dirinya lebih memilih memeriksakan diri dan berdiam di rumah untuk meminimalisasi kontak dengan orang lain.


“Tes ini untuk memastikan sekaligus meminimalisasi penyebaran virus tersebut lebih luas,” jelas dia.


Dalam hal ini, Anne pun berharap, kepada siapa pun yang sempat berkontak erat dengan anggota dewan yang terpapar covid-19 itu, untuk melakukan test swab dan isolasi mandiri demi kebaikan bersama.


Pihaknya juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah. Misalnya, selalu memakai masker jika beraktivas di luar rumah, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, serta menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Mari bersama-sama untuk saling menjaga jaga diri supaya tetap sehat dan menjaga orang lain untuk turut sehat juga,” pesannya. (*)