-->

Sebanyak 20 KK Warga Desa Karangmukti Bungursari Terima Bantuan BSPS

20 Rumah warga di Desa Karangmukti Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta,
di rehab, bantuan ini di dapatkan dari Pemerintah Pusat
Bungursari - Desa Karangmukti Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, terima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau lebih dikenal sebagai program bedah rumah. Bantuan tersebut disalurkan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Rumah Swadaya PUPR, untuk rumah tinggal tak layak huni (RTLH).

"Tujuan program ini, meliputi peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru dilihat dari kualitas atap, lantai dan dinding rumah untuk dapat memenuhi syarat kesehatan, keselamatan dan kenyamanan warga," ujar Endin Jaenudin, Kades Karangmukti Kecamatan Bungursari, pada saat dikonfirmasi oleh KIM Kab. Purwakarta, Rabu (16/10/2019) di Desanya.

Lebih lanjut menurut H. Endin, sebanyak 20 kepala keluarga di wilayahnya menerima bantuan dari Pemerintah pusat ini.

"Ya alhamdulillah akhirnya warga di kami bisa menerima bantuan ini," ucapnya. Besarnya bantuan tersebut, menurut Endin sebesar 17.500.000,- per rumah tangga, namun tidak berupa dana, melainkan bahan bangunan, dan selanjutnya akan dimanfaatkan untuk kepentingan warga masyarakat yang kurang mampu untuk merehab rumah yang tak layak huni (RTLH), jelasnya.

H. Endin Jaenudin Kades Karangmukti Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, ketika dikonfirmasi oleh KIM Kab. Purwakarta, Rabu (16/10/2019) menuturkan bahwa kediaman warga di sekitar wilayah ini memang kondisinya sudah mengkhawatirkan.

"Saya berharap bantuan tersebut dapat membantu memperbaiki kondisi rumah warga yang berprofesi sebagai petani yang memiliki penghasilan rendah. Tentunya saya merasa bangga atas apa yang telah saya berikan kepada warga. Atas nama pemerintah desa tentunya saya juga harus mengucapkan terima kasih atas bantuan dan Pemerintah pusat dan Provinsi Jabar. Diharapkan setelah selesai direhab 20 rumah warga di sekitar ini dapat hidup dengan layak." Ujar Endin.
 
Endang (70) warga di kampung Sukajadi RT 04/08, warga penerima manfaat bantuan,
saat sedang berkoordinasi dengan H. Endin Jaenudin.
Sementara itu, menurut Endang (70) warga di kampung Sukajadi RT 04/08, sebagai penerima manfaat bantuan ini menuturkan bahwa dirinya beserta keluarganya sangat senang dengan bantuan ini.

"Alhamdulillah saya ucapkan syukur kepada Allah SWT karena berkat bantuan dari Pemerintahan Desa Pemerintah daerah dan pusat, akhirnya rumah saya dapat di rehab," jelasnya.

Sehari-hari Endang yang berprofesi sebagai buruh tani, tinggal bersama istri, 1 orang anak dan cucu 3, selama ini tak bisa berbuat banyak. 


(Yusup Bachtiar)
KIM Kab. Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)