-->

Organisasi Karang Taruna Harus Bisa Memberdayakan Warga Di Sektor Usaha

Pemberdayaan kepada warga oleh Karang Taruna Tunas Raharja Kelurahan Nagritengah
Purwakarta - Pemberdayaan usaha kesejahteraan warga menjadi salah satu tanggung jawab Karang Taruna berdasarkan Peraturan Menteri Sosial RI No. 23 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Karang Taruna.

Adanya susunan organisasi dalam kepengurusan Karang Taruna bertujuan saling membantu antar anggota agar fungsi Penyelenggara Usaha Kesejahteraan Sosial bisa direalisasikan meskipun ada hierarki di dalamnya.

Wakil Ketua Karang Taruna Tunas Raharja Kelurahan Nagritengah, Rendi Yuliansyah, S.Tikom berhasil melaksanakan fungsi pemberdayaan usaha lewat pengolahan pelastik pembungkus interior mobil yang membuka lapangan pekerjaan untuk warga RW 07.

"Sebagai anggota karta Tunas Raharja di posisi wakil ketua, saya memberdayakan warga yang menganggur bekerja disini,"Terangnya di Purwakarta. Kamis(10/10/19).

CV. Putra Prima di alamat Gg. Kamboja Kelurahan Nagritengah sebagai kelembagaan Home Industri pengolahan plastik itu saat ini sudah menampung sekitar 45 orang Man Power yang mayoritas warga Kelurahan Nagritengah.

"Kurang lebih sekitar 45 orang warga bergabung bekerja disini, dengan wilayah pembagian kerja ada yang di gedung produksi, stanbay di pabrik mobil Toyota, ada juga yang membawa bahan plastik yang dikerjakan di rumah, setelah jadi di bawa lagi ke gedung," Ulas Rendi.

Selain itu Rendi aktif melakukan pembinaan tentang usaha sebagai aksi kegiatan pengembangan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda di lingkungannya.

"Warga yang lain juga tetap saya berikan pembinaan tentang kewirausahaan di tempat ini,"Ujar dia.

Bahkan Rendi mempunyai soft skill untuk pemuda binaannya dengan metode learning by doing.

"Sebelum membahas hal yang jauh saya selalu memberi 2 kunci sukses menjadi pengusaha, 1. Berdoa percaya pada Allah SWT, 2. Manfaatkan peluang yang ada," Tandasnya.

Dengan masing - masing anggota Karta Tunas Raharja yang Kompeten bersinergi dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya lebih mudah untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi adalah generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.


Wief
KIM Kota Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)